Waktu ISS Kini Setara Jakarta-Semarang dengan Kereta

Roket Soyuz milik Rusia pembawa kru ke ISS. Kredit: NASA Goddard
Info Astronomy — Jika selama ini wahana antariksa Bumi membutuhkan waktu 45 jam untuk menuju Stasiun Antariksa Internasional (ISS), Jumat (29/3/2013) lalu, wahana milik Rusia Soyuz TMA-08M berhasil menempuh dalam waktu enam jam.

Wahana ini dikendarai oleh dua astronot Rusia, Pavel Vinogradov (komandan) dan Alexander Misurkin, serta satu astronot Amerika Serikat, Chris Cassidy.

Wahana ini diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan, Jumat pukul 02.43 waktu setempat (pukul 03.43 WIB). Ini merupakan wahana Bumi pertama yang menempuh jalur tercepat Bumi-ISS setelah melakukan manuver orbit yang rumit.

Sebelum penerbangan ini, rute pendek tersebut diuji coba tiga kali dengan wahana tak berawak Progress yang biasa mengirim logistik ke ISS. Ketiga astronot itu akan bertugas di ISS hingga September mendatang untuk melakukan sejumlah penelitian. [Kompas, BBC]
Waktu ISS Kini Setara Jakarta-Semarang dengan Kereta Waktu ISS Kini Setara Jakarta-Semarang dengan Kereta Reviewed by Kontributor on 4/02/2013 08:01:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.