Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Video: Selamat Ulang Tahun ke-29 HAAJ!

Video: Selamat Ulang Tahun ke-29 HAAJ!

Info Astronomy — Himpunan AstronomI Amatir Jakarta atau yang disingkat menjadi HAAJ pekan ini berulang tahun yang ke 29 tahun.

HAAJ adalah sebuah organisasi tempat berkumpulnya masyarakat pencinta astronomi di Jakarta, Indonesia. HAAJ terbentuk pada tanggal 21 April 1984 di Jakarta. Kegiatan HAAJ berupa pertemuan rutin dwimingguan pada hari Sabtu sore sampai malam, pengamatan bintang (star party), kunjungan ke Observatorium Bosscha di Lembang, Bandung, pameran, lomba, Astro Party dan lain-lain.

Sekretariat HAAJ berada di Planetarium Jakarta. Anggota HAAJ berasal dari berbagai tingkatan usia, latar belakang pendidikan dan profesi. Jumlah yang terbanyak adalah pelajar/mahasiswa. Akhir-akhir ini malah keberadaan anggota yang karyawan semakin banyak.

Keberadaan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta mengilhami pembentukan klub-klub astronomi amatir lainnya di beberapa kota di Indonesia. Klub Astro (Kastro) didirikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di suatu sekolah menengah atas di Bogor. Di Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar, telah dibentuk Jogja Astro Club (JAC) untuk memfasilitasi masyarakat pecinta astronomi. Tidak ketinggalan turut menyebarkan luaskan ilmu astronomi ke masyarakat, Surabaya Astronomy Club (SAC) juga sudah didirikan.

Dengan semakin bertambahnya jumlah klub klub astronomi amatir di berbagai daerah, diharapkan perkembangan pendidikan khususnya astronomi di Indonesia dapat lebih meningkat.

Pengamatan dan penelitian obyek-obyek langit dapat lebih dioptimalkan dengan kerjasama antara klub-klub tersebut. Seperti diketahui, fenomena astronomi sulit diamati bila hanya mengandalkan pengamatan di satu tempat di permukaan bumi. Misalnya pengamatan gerhana bulan dan matahari yang hanya bisa dilakukan di tempat tempat tertentu di permukaan bumi.

Di ulang tahunnya yang ke-29 ini, tim grafis kami sengaja membuat video sederhana untuk ikut merayakan. Selamat Ulang Tahun ke-29 HAAJ. Salam Astronomi. [wikipedia]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.