Ulasan Sains: Mungkinkah Alien Benar-benar Ada?

Ilustrasi Alien. Kredit: listview
Info Astronomy — Mungkinkah alien benar-benar ada? Mendengar pertanyaan ini, mungkin kebanyakan orang akan menyangkal ketiadaan mereka bahkan sambil tertawa. Namun, jika diteliti melalui teori-teor ilmuwan yang ada, mereka mungkin ada.

Seperti yang kita tahu, kehidupan awal di Bumi sudah terjadi pada zaman Proterozoikum (2,5 miliar – 290 juta tahun lalu).

Masa Proterozoikum merupakan awal terbentuknya hidrosfer dan atmosfer Bumi. Pada masa ini kehidupan mulai berkembang dari organisme bersel tunggal menjadi bersel banyak (enkaryotes dan prokaryotes). Enkaryotes ini akan menjadi tumbuhan dan prokaryotes nantinya akan menjadi binatang.

Perlu Anda hapus dari pikiran Anda jika alien yang Anda pikirkan adalah makhluk berwujud mirip manusia (seperti pada ilustrasi di atas).

Teori-teori pembentukan makhluk hidup seperti yang kita tahu ada banyak, namun di sini akan dibaha teori urey. Teori urey dikembangkan oleh Harol Clayton Urey (1893) yang merupakan kimiawan Amerika Serikat.

Urey berspekulasi bahwa asal-usul atmosfer Bumi terdiri atas amonia, metana dan hidrogen. Hal ini kemudian ditunjukkan oleh muridnya, Stanley L.Miller, bahwa jika campuran tersebut dipaparkan ke radiasi ultraviolet dan air, akan menghasilkan asam amino, yaitu rantai pembangun yang akan membentuk kehidupan. Walaupun demikian ilmuwan di masa kini lebih mempercayai bahwa atmosfer bumi pada awalnya terdiri dari karbon dioksida dan uap air.

Dari uraian di atas, mari kita lihat planet-planet ekstra surya yang telah ditemukan para astronom. Setidaknya ada miliaran planet ekstra surya di galaksi Bima Sakti. Jangan dulu berpikir jika ada kehidupan dari planet-planet itu. Mari kita sambungkan.

Planet tata surya yang masuk zona layak huni bagi kehidupan adalah Bumi kita, dari teori urey tersebut menyebutkan jika atmosfer Bumi terdiri atas amonia, metana dan hidrogen yang dapat menciptakan kehidupan, buktinya ya Anda lah salah satu kehidupan itu.

Artinya, jika ada planet ekstra surya yang memiliki unsur atmosfer yang sama seperti Bumi, otomatis planet tersebut dapat tumbuh sembuah kehidupan yang lebih sering dibilang "Alien".