Temukan Gugus Bola NGC 5139 Malam Ini di Langit

NGC 5139. Kredit: Stellarium, InfoAstronomy
Info Astronomy — Omega Centauri atau NGC 5139, adalah sebuah gugus bola. Terletak di konstelasi Centaurus. Objek ini ditemukan oleh Edmond Halley pada tahun 1677.

Mengorbit Bima Sakti, ia diketahui sebagai gugus bola terbesar yang berhubungan dengan galaksi kita. Omega Centauri berbeda dengan gugus bola lainnya karena dianggap berbeda asalnya.

Letaknya sekitar 15.800 tahun cahaya (4.850 parsec) dari Bumi dan berisi beberapa juta Populasi II bintang. Bintang-bintang di tengahnya begitu ramai, diperkirakan rata-rata hanya berjarak 0,1 tahun cahaya dari satu sama lain atau sama dengan sekitar 12 miliar tahun kilometer.

Omega Centauri adalah salah satu dari beberapa gugus bola yang dapat terlihat dengan mata telanjang dan dapat mucul sebesar Bulan Purnama, asalkan langit benar-benar gelap.

Malam ini, 12 April 2013, Anda dapat mengamati Omega Centauri di langit arah selatan. Pada pukul 23.40 waktu lokal, Omega Centauri akan berada tepat berada di atas konstelasi Crux (Salib Selatan).

Anda yang mengamatinya dengan mata telanjang akan melihat objek ini seperti bintang biasa dengan magnitudo 3.70. Jika diamati dengan alat bantu seperti teleskop, akan Anda temui bintang-bintang yang menjadi satu gugus bola yang amat sangat terang.

Mulai malam ini, Anda dapat mengamatinya hingga Matahari terbit.