Teleskop ALMA Mendeteksi Pembentukan Bintang Dekat Lubang Hitam

Citra dari teleskop ALMA, lubang hitam ditandai oleh Sgr A*. Kredit: ALMA ESO
Info Astronomy — Para astronom menggunakan Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (ALMA) teleskop telah menemukan tanda-tanda pembentukan bintang yang yang makin mendekati lubang hitam supermasif di pusat Galaksi Bima Sakti.

Jika dikonfirmasi, hal ini akan kali pertama pembentukan bintang yang diamati begitu dekat dengan pusat galaksi.

Pusat galaksi kita, 27.000 tahun cahaya di arah konstelasi Sagitarius dari, merupakan rumah bagi lubang hitam raksasa dengan massa empat juta kali massa matahari. Membentang ke arah luar seluas jutaan tahun cahaya adalah wilayah bergolak yang dianggap diguncang oleh semacam gaya gravitasi yang ekstrim bahwa setiap pembentukan bintang awan debu dan gas akan meregang tipis dan robek yang lama sebelum bintang bayi (protobintang) muncul.

Namun melawan rintangan ekstrim, ALMA melihat tanda dari jet bahan meledak yang keluar dari apa yang tampak sebagai 'kepompong' padat dari gas dan debu. Jet ini, jika mereka diamati di lingkungan lebih tenang, akan menunjukkan pembentukan bintang muda. Hasilnya telah diterima dan diterbitkan dalam Astrophysical Journal Letters.

"Orang-orang berpikir begitu sulit dalam pembentukan bintang dekat lubang hitam supermasif," kata Farhad Yusef-Zadeh dari Northwestern University. "Hal ini karena gravitasi dari lubang hitam menghasilkan gaya gravitasi yang ekstrim yang akan meregangkan dan memanjang awan molekul, mencegah mereka mengumpulkan massa yang cukup untuk memicu pembentukan bintang. Tapi apa yang kita temukan adalah bercak debu dan gas yang telah menjadi begitu padat sehingga mereka mampu mengatasi lingkungan yang tidak menguntungkan mereka."