Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Selamat Hari Bumi 2013

Selamat Hari Bumi 2013
Indonesia diamati dari orbit. Kredit: NASA
Info Astronomy — Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April. Sudah saatnya umat manusia melakukan tindakan nyata demi menyelamatkan planet ini. Menjamin sehari lebih banyak untuk generasi masa depan.

Berawal dari ide tak terpakai John McConell 43 tahun lalu, dari waktu ke waktu, kepedulian kita untuk menghargai ‘ibu’ sekaligus ‘rumah’ bernama bumi ini terus tumbuh. Awalnya, perayaan Hari Bumi hendak diadakan tepat pada hari pertama musim semi 1970 yang jatuh pada 21 Maret. Sebelum akhirnya, gagasan Gaylord Nelson untuk menggelar Hari Bumi pada 22 April tiap tahunnya, lebih bergaung hingga kini.

Disadari atau tidak, sebenarnya seiring dengan kemajuan teknologi, manusia semakin jauh dari alam. Semakin mengasingkan diri, dan semakin angkuh pula. Nenek moyang di masa lampau, dengan keterbatasan pengetahuan, memandang alam sebagai sesuatu yang melampaui segalanya. Ritual mengundang hujan, mempersembahkan hasil bumi, melarung sesaji, adalah bentuk penghargaan mereka terhadap alam. Upaya untuk menciptakan harmoni.

Namun, kala teknologi membuktikan alam bisa ditaklukkan, kita pun berjarak. Seperti tidak mengenal tempat yang dihuni. Menghitung pergerakan bintang di langit, hanya dinikmati orang-orang tertentu yang berminat.

Dan perubahan iklim bumi menuju sesuatu yang menakutkan, tak berhenti terjadi. Kita mungkin tidak terlalu peduli dengan beruang kutub yang berjuang hidup di Arktik. Orang utan yang semakin terdesak oleh kebakaran hutan dan ekspansi manusia. Atau Ikan Paus yang kehilangan plankton di Atlantik Utara yang makin menghangat dari waktu ke waktu.

Mungkin pula kita masih bergeming kala mengetahui, di Maladewa, orang mulai ketakutan apakah mereka tak akan tersapu oleh permukaan laut yang terus menaik. Negara sebesar Amerika Serikat tak berdaya menghadapi badai super. Atau, keluarga kecil di Bangladesh yang tak bisa mencari air bersih karena seringnya banjir dan badai.

22 April 2013 adalah momentum. Pemerintah negara mana pun di seluruh dunia, siapa pun yang tinggal di planet ini, siapa pun yang masih ingin menyaksikan masa depan yang lebih baik, bisa duduk bersama. Mencari solusi untuk bumi. Percayalah, kita yang jauh-jauh lebih membutuhkan bumi daripada kebutuhan bumi terhadap kita. Save our planet!

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.