Sebuah Lubang Hitam Terdeteksi Sedang Memakan Planet

IlustrasI: Planet 'Nakal' dimakan Lubang Hitam. Kredit: ESA
Info Astronomy — Para astronom melalui observatorium luar angkasa Integral mampu menyaksikan sebuah planet dimakan oleh lubang hitam yang sudah tidak aktif selama beberapa dekade.

"Pengamatan benar-benar tak terduga, dari galaksi yang telah tenang selama setidaknya 20-30 tahun," kata Marek Nikolajuk dari University of Bialystok, Polandia, penulis utama dari jurnal Astronomi & Astrofisika.

Nikolajuk dan timnya menambahkan bahwa fenomena tersebut adalah pratinjau dari fenomena makan serupa yang diharapkan terjadi dengan lubang hitam di pusat galaksi Bima Sakti kita.

Penemuan di galaksi NGC 4845, 47 juta tahun cahaya, dibuat oleh Integral, dengan tindak lanjut pengamatan dari ESA XMM-Newton, NASA Swift dan MAXI monitor sinar-X milik Jepang pada Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Astronom menggunakan Integral untuk mempelajari galaksi yang berbeda ketika mereka melihat flare dari  sinar-X terang yang berasal dari lokasi lain di bidang yang sama pada lebar pandangan.

Seiring dengan Swift dan MAXI, emisi itu dilacak dari maksimum pada bulan Januari 2011, ketika galaksi cerah dalam faktor ribuan, dan kemudian karena mereda selama satu tahun.

Dengan menganalisis karakteristik pembakaran, para astronom dapat menentukan bahwa emisi berasal dari lingkaran material di sekitar lubang hitam yang berada di pusat galaksi sebagaimana telah mengoyak obyek bermassa 14-30 Planet Jupiter, sehingga para astronom mengatakan objek tersebut Super-Jupiter atau katai coklat.

Objek ini tampaknya telah 'mengembara,' yang menunjukkan bahwa planet pengembara dengan massa seperti ini terdapat dalam jumlah besar di galaksi, yang dikeluarkan dari sistem tata surya mereka dengan interaksi gravitasi.

Lubang hitam di pusat NGC 4845 diperkirakan memiliki massa sekitar 300.000 kali massa Matahari kita.