Polusi Cahaya Mengganggu Pengamatan Langit

Tokyo jika tidak ada cahaya. Kredit: 9GAG
Info Astronomy — Semua pasti tahu, dengan bartambah banyaknya polusi cahaya maka akan semakin redup bintang-bintang di langit yang bisa diamati. Seperti ilustrasi di atas, langit kota Tokyo, Jepang akan terlihat leboh mengagumkan saat listrik mati.

Polusi cahaya adalah salah satu jenis polusi. Definisi dari polusi cahaya adalah "dampak buruk akibat cahaya buatan manusia". Polusi cahaya biasanya berarti intensitas cahayanya terlalu besar. Beberapa spesies, termasuk tumbuhan dan manusia, mengalami dampak dari polusi cahaya.

Kebanyakan orang tidak pernah mendengar apa itu polusi cahaya, dan yang mengetahuinya biasanya tidak peduli atau tidak melakukan apa-apa untuk menanggulanginya.

Di Jakarta contohnya, Anda tidak akan dapat mengamati bentangan Galaksi Bima Sakti. Berbanding terbalik dengan wilayah pedesaan di Indonesia. Itu semua akibat dari polusi cahaya.

Berikut ini adalah foto-foto jika polusi cahaya di dunia dapat dikurangi dengan kesadaran manusianya sendiri:

Paris, Perancis

New York, Amerika Serikat

Hong Kong
 Mari jaga Bumi kita, tidak hanya bahaya pemanasan global saja yang kita tekankan.

1. iya emang min, gara2 polusi cahaya, susah banget buat ngamatin bintang