Planet Saturnus Berada Pada Jarak Terdekat dengan Bumi

Saturnus diamati dengan teleskop saat oposisi. Kredit: Rahma
Info Astronomy — Saat terbaik untuk memandangi Saturnus akan terjadi untuk para penghuni Bumi pada Minggu 28 April 2013, dengan planet Saturnus yang mencapai titik oposisi, ketika Bumi terletak tepat antara Saturnus dan Matahari.

Planet Saturnus akan menciptakan sebuah pertunjukan langit yang spektakuler, dengan cincin es yang terkenal saat ini akan terlihat miring pada sudut yang sempurna untuk melihatnya. 

Anda dapat menontonnya secara online melalui Kamera Antariksa Slooh, yang akan menyiarkan siaran langsung dari teleskop di Kepulauan Canary Spanyol. Atau, Anda juga dapat menonton siaran onlinenya di SPACE.com mulai pukul 09:30 WIB pada hari Minggu 28 April 2013.

Selama pendekatan dekat Saturnus dengan Bumi, planet ini akan menjadi sangat cerah di langit, mencapai sekitar kecerahan yang sama seperti bintang-bintang terkenal seperti Betelgeuse. Planet bercincin raksasa ini akan terlihat sepanjang malam pada tanggal 27 April dan 28.

Jangan membayangkan Anda akan melihat Saturnus yang besar di langit dengan fenomena oposisi ini, Saturnus yang jaraknya 180 juta kilometer dari Bumi akan tetap seperti bintang di langit, namun ia tidak berkerlap-kerlip.

Tidak ada dampak apapun dari dekatnya Saturnus dan Bumi kita, ini adalah fenomena tahunan biasa karena Bumi kita (dan planet-planet lainnya) berevolusi terhadap Matahari.

Jika diamati dari Saturnus, maka yang terjadi adalah Transit Bumi di Matahari seperti Transit Venus tahun 2012 lalu.

Lihat berita lengkap bagaimana caranya agar Anda dapat menemui Saturnus di langit (malam) di sini.
Planet Saturnus Berada Pada Jarak Terdekat dengan Bumi Planet Saturnus Berada Pada Jarak Terdekat dengan Bumi Reviewed by Kontributor on 4/28/2013 07:44:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.