Planet Raksasa Mengorbit Bintang Kembaran Matahari

Kappa Coronae Borealis. Kredit: Ibtimes
Info Astronomy — Bintang terdekat yang berlokasi sekira 100 tahun cahaya ditemukan oleh observatorium luar angkasa ESA Herschel. Menurut ilmuwan, bintang asing ini memiliki planet raksasa yang tengah mengorbit.

Dilansir Ibtimes, Rabu (10/4/2013), fakta yang mencengangkan ialah bahwa bintang "pensiun" ini sedikit lebih besar dari matahari di sistem tata surya. Bintang asing ini memiliki berat massa 1,5 lebih besar dari matahari. Tidak hanya itu, bintang tersebut juga memiliki puing-puing cincin berdebu di sekitarnya. Puing-puing tersebut umumnya hanya terdapat pada bintang muda.

Teleskop luar angkasa dari European Space Agency (ESA) yang menemukan bintang tersebut memiliki kemampuan deteksi inframerah. Teleskop tersebut menemukan Kappa Coronae Borealis (k CrB) yang memasuki bintang asing tersebut setelah 2,5 miliar tahun melepaskan pasokan hidrogennya.

Seperti matahari di planet tata surya, Kappa Coronae Borealis telah mengalami masa pembakaran kapasitas hidrogen dan memasuki fase di mana ia siap menjadi raksasa merah. Raksasa merah ini mampu menghancurkan planet di sekitarnya serta meninggalkan bintang sub-raksasa terang.

Temuan menarik ialah ditemukannya cakram puing-puing di sekitar bintang tersebut. Umumnya, puing-puing ini terbentuk akibat komet dan asteroid di luar angkasa.

Akan tetapi, puing-puing ini akan hilang setelah bintang memasuki tahap kedua dari keberadaan mereka. Di sistem tata surya, puing-puing ini musnah sekira 600 juta tahun setelah matahari terbentuk.