Planet Ekstra Surya Terdekat Bumi Nyatanya Jauh

Planet Ekstra Surya Alpha Centauri Bb. Kredit: ESO
Info Astronomy — Astronom menemukan planet ekstrasolar seukuran Bumi yang mengelilingi sebuah bintang berjarak hanya 4 tahun cahaya dari Bumi. Planet dinamai Alphaa Centauri Bb, sesuai nama bintang yang diorbitnya, Alpha Centauri B. Bintang itu merupakan bintang kedua terdekat dari Bumi setelah Matahari.

Dengan jarak yang relatif dekat dengan Bumi, planet itu memberi harapan bagi manusia untuk menjangkaunya. Namun, apakah manusia sanggup ke planet itu?

Alpha Centauri Bb terletak 4 tahun cahaya dari Bumi. Mari kita hitung, 1 tahun cahaya sama dengan (dibulatkan) 9.400.000.000.000 kilometer. Lalu, dikalikan dengan 4 tahun cahaya dan hasilnya adalah 37.600.000.000.000 kilometer. Wow!

Mampukah kita melaui perjalanan pada jarak 37.6 triliun kilometer? Cukupkah umur kita?

Neil Armstrong dalam perjalanannya ke Bulan pada tahun 1969, menghabiskan waktu selama 4 hari di perjalanan. Kenapa lama sekali? Karena jarak Bumi ke Bulan adalah 1.26 detik cahaya (1 detik cahaya sama dengan 300.000 kilometer).

Jarak Bumi ke Bulan. Kredit: KafeAstronomi.com

Jarak sekitar 378.000 kilometer saja membutuhkan waktu 4 hari, bagaimana dengan37.6 triliun? Jika dihitung, maka di perjalanan Anda akan 6 kali beranak-pinak.

Sungguh luar biasa luas alam semesta ini. Jagalah Planet Bumi kita dulu, tidak perlu berpikir untuk planet yang tidak bisa dijangkau.