Planet Alien Terdekat Mendapat Nama Baru: Albertus Alauda

Alpha Centauri Bb atau Albertus Alauda. Kredit: ESO
Info Astronomy — Planet ekstra surya terdekat dengan tata surya kita saat ini memiliki nama resmi baru: Albertus Alauda.

Moniker, yang memenangkan kontes pemilihan online yang diselenggarakan oleh perusahaan pendanaan luar angkasa Uwingu untuk memilih nama yang lebih menarik, nama diberikan untuk planet ekstra surya Alpha Centauri Bb, planet berpermukaan panas terik yang terletak hanya 4,3 tahun cahaya dari Bumi.

Jay Lark, orang yang menominasika "Albertus Alauda," dia memilih nama planet ekstra surya tersebut untuk menghormati mendiang kakeknya.

"Namanya dalam bahasa Latin adalah Albertus Alauda (nama sebenarnya: Albert Lark)," tulis Jay Lark dalam surat pengajuan untuk kontes tersebut. "Kakek saya meninggal setelah pertempuran panjang dan ia juga sakit kanker. Namanya dalam bahasa Latin berarti mulia atau terang dan pujian, saya ingin menghormati dia dengan menominasikan namanya."

Kontes penamaan untuk Alpha Centauri Bb dimulai dari 19 Maret sampai 22 April lalu. "Albertus Alauda" memenangkan nominasi dengan 751 suara, mencetak sebuah plakat spesial untuk Jay Lark, dan ia juga mendapatkan gratis berlangganan 12 bulan untuk Astronomi Magazine.

"Rakhat" dan "Caleo" berada di posisi kedua dan ketiga, masing-masing mengumpulkan 684 dan 622 suara. [SPACE.com]
Planet Alien Terdekat Mendapat Nama Baru: Albertus Alauda Planet Alien Terdekat Mendapat Nama Baru: Albertus Alauda Reviewed by Kontributor on 4/26/2013 06:22:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.