Pekan Ini, Gerhana Bulan Sebagian Teramati di Indonesia

Bulan memasuki penumbra Bumi. Kredit: photopack
Info Astronomy — Tidak lama lagi sebuah peristiwa gerhana akan terjadi. Pada tanggal 26 April 2013 pukul 01.03 dinihari WIB Bulan akan mengalami Gerhana Bulan Sebagian (GBS). Hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati GBS ini.

Hanya kawasan timur Indonesia saja yang akan sedikit kesulitan untuk mengamatinya karena Bulan sudah rendah di langit sebelah barat (hampir terbenam).

Pada GBS nanti fase umbra akan dimulai pada pukul 02.54 – 03.21 WIB (hanya selama 27 menit saja). Dan akhirnya seluruh proses GBS pun akan selesai pada pukul 05.11 WIB.

Selain hanya sebentar magnitudo gerhana umbra pada GBS nanti juga kecil, hanya 0,0148. Bandingkan dengan gerhana Bulan total yang nilai magnitudnya bisa lebih besar dari 1. Magnitudo gerhana itu sendiri dihitung dari perbandingan antara diameter sudut Bulan dengan diameter sudut bayangan umbra Bumi.

GBS adalah fenomena dimana Bulan memasuki bagian umbra Bumi namun tidak semua piringannya, hanya sebagian yang masuk bayangan umbra Bumi, bagian lainnya masih di bayangan penumbra Bumi.

Pada GBS tanggal 26 April 2013 ini, Bulan akan berada di langit arah Barat dan bersebelahan dengan Planet Saturnus. Bulan juga dalam fase Bulan Purnama.
Pekan Ini, Gerhana Bulan Sebagian Teramati di Indonesia Pekan Ini, Gerhana Bulan Sebagian Teramati di Indonesia Reviewed by Kontributor on 4/22/2013 11:22:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.