Meteor Secemerlang Matahari Meledak di Langit Argentina


Info Astronomy — Sebuah meteor muncul di tengah malam saat berlangsungnya konser rock di Argentina pada tanggal 21 April 2013.

Konser band Los Tekis dilakukan di luar ruangan, tepat setelah band itu menyelesaikan lagunya, orang yang merekam video men-zoom-out sehingga langit sekitar terlihat. Pada saat yang sama, sebuah meteor secemerlang Matahari melintas, karena kecerlangannya meteor ini disebut bolide.

Laporan terkini mengatakan bolide tersebut tidak hanya terlihat di Salta, Argentina, lokasi Festival Zamba, tapi dilihat secara luas di seluruh Santiago del Estero, Corrientes, Córdoba, Chaco dan di lokasi lain, meskipun kejadian itu terjadi pada pukul 03:20 waktu setempat.

Kecerlangan bolide itu membuat langit dinihari menjadi siang hari dalam beberapa detik. Dengan diketahui ukuran dari meteoroid yang menyebabkan bolide terjadi, maka bolide yang meledak di atas langit Santiago del Estero, Argentina jauh lebih kecil dibandingkan meteor yang jatuh di Chelyabinsk, Rusia 14 Februari 2013 lalu.

Dikutip dari Kafeastronomi.com, cepat nya laju bolide saat ia memasuki atmosfer bumi diperkiraan mencapai kecepatan hingga 130.000 kilometer per jam. Belum sampai menyentuh permukaan bumi pada ketinggian 65 kilometer fireball mulai terpecah hingga kemudian hancur berkeping-keping di atas langit Santiago del Estero.
Meteor Secemerlang Matahari Meledak di Langit Argentina Meteor Secemerlang Matahari Meledak di Langit Argentina Reviewed by Kontributor on 4/24/2013 01:18:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.