Mengapa Bendera Berkibar di Bulan di Pendaratan Armstrong?

Mengapa Bendera Berkibar di Bulan di Pendaratan Armstrong?
Buzz Aldrin dan Bendera Amerika Serikat di Bulan. Kredit: NASA
Info Astronomi - Banyak orang yang beranggapan, khusunya orang Indonesia, pendaratan di Bulan adalah bohong. Tidak pernah ada manusia yang mendarat di Bulan. Benarkah?

Mengutip teori konspirasi pendaratan di Bulan dari Wikipedia.org, banyak pembuktian dari NASA sendiri jika mereka benar-benar meluncurkan manusia ke Bulan.

Dalam hal ini, pendaratan Neil Armstrong dan 2 rekannya pada tahun 1969 silam. Satu hal yang membuat orang-orang tidak percaya akan pendaratannya adalah, bendera Amerika Serikat yang berkibar di Bulan.

Mengapa bendera bisa berkibar? Padahal kan tidak ada udara?

Jangan salah, justri karena di Bulan tidak ada udara (hampa udara), semua yang ada di sana tidak akan bergerak seperti bendera di Bulan tersebut.

Fakta menunjukkan bahwa tidak ada angin di Bulan. Namun pada sebuah foto, benderanya dapat berkibar. Sebetulnya itu adalah cara NASA agar dapat terlihat sebuah bendera berkibar dari sebuah foto.

Mereka menginginkan sebuah foto yang heroik dengan bendera Amerika yang terlihat dengan jelas, jadi coba perhatikan tiang benderanya, mereka memasang sebuah pipa horizontal kecil di atas tiang.

Pipa kecil di atas tiang bendera yang membuat bendera seolah berkibar padahal tidak. Kredit: NASA, Dokumen Info Astronomy
Hal ini menyebabkan tiang bendera tersebut berbentuk huruf L terbalik. Bendera itu tertahan oleh pipa horizontal dan kerutan pada bendera menciptakan efek berkibar.

Untuk pembuktian, simak foto gif di bawah ini:


Foto di atas telah disunting sedemikian rupa dari dua gambar yang dijadikan satu. Terlihat Astronot Buzz Aldrin dan arah pemotretan berubah namun posisi bendera dan kerutannya sama sekali tidak berubah. Itu artinya bendera tidak berkibar.

Punya argumen penyanggah? Silakan saja, dengan bukti-bukti logis dan valid tentunya.
Mengapa Bendera Berkibar di Bulan di Pendaratan Armstrong? Mengapa Bendera Berkibar di Bulan di Pendaratan Armstrong? Reviewed by Kontributor on 2/09/2015 05:00:00 PM Rating: 5

2 komentar

  1. Logic and valid huh ? In a picture (search "buzz aldrin and Neil Armstrong in moon"), the shadow of Neil Armstrong and buzz aldrin range is absolutely impossible, there is only 1 light source in moon (the sun), so how did this happen my friend ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Actually, is not an argument, dude.

      Hapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.