Mengamati Jupiter di Global Astronomy Month 2013

Jupiter dan Satelinya diamati dengan Teleskop. Kredit: Info Astronomy
Info Astronomy — Jupiter akan tepat di atas kepala (di zenith) setelah matahari terbenam pada tanggal 6 April 2013. Itu artinya ini adalah waktu yang tepat untuk mengamati Jupiter!

Anda dapat melihat Jupiter dengan mata telanjang atau Anda dapat mengambil teropong atau teleskop dan lihatlah satelit alam milik Jupiter. Jika Anda memiliki teleskop, yang akan Anda lihat adalah bola langit berwarna putih dengan sabuk. [Lihat foto di atas]

Jupiter telah menjadi sumber kekaguman sejak Galileo pertama kali mengarahkan teleskopnya itu pada tanggal 7 Januari 1610. Galileo melihat hanya tiga dari empat bulan Jupiter yang besar malam itu tapi dia melihat yang keempat malam berikutnya. Galileo secara benar menduga bahwa mereka adalah satelit Jupiter setelah melihat gerakan mereka selama beberapa malam meskipun ia masih menyebut mereka sebagai "bintang."

Di Indonesia, Jupiter akan muncul di langit tengah arah barat pada pukul 18.00 waktu lokal dan akan tenggelam di ufuk barat pada pukul 21.20 waktu lokal.

Bagikan foto Jupiter yang Anda dapat malam ini ke GAM2013 di Facebook atau Grup Flickr atau bisa juga Tweet menggunakan hashtag #GAM2013 dan/atau #JupiterWatch (@gam_awb).