Melihat UFO Melintasi Langit, Apa Sebenarnya?

Kiri: Jupiter, kanan: ISS. Kredit: Carl William
Info Astronomy — Pernahkah Anda sedang asyik memindai langit, lalu ada objek terbang tidak dikenal atau disebut UFO (Undentified Flying Object) melintasi langit di saat yang sama. Apa yang pertama Anda pikirkan?

Kami tahu, Anda akan bingung dan kaget saat pertama kali. UFO yang Anda lihat mungkin saja adalah Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

ISS ini terletak di orbit sekitar Bumi dengan ketinggian sekitar 360 kilometer, sebuah tipe orbit yang biasanya disebut orbit Bumi rendah. Ketinggian persisnya bervariasi sejalan dengan waktu sekitar beberapa kilometer dikarenakan seretan atmosfer dan "reboost".

ISS rata-rata kehilangan ketinggian 100 meter perhari. Ia mengorbit Bumi dengan periode 92 menit; pada 1 Desember 2003 dia telah menyelesaikan 33.500 orbit sejak peluncurannya.

Karena ia mengorbit, pada saat-saat tertentu ia melintasi lagit Indonesia. Anda dapat melihat secara real-time di mana letak ISS sekarang di sini.

Tidak semua yang melintasi langit adalah ISS, biasanya ISS melintasi langit pada senja atau dinihari di langit dekat horizon.

Jadwal melintasnya ISS terdekat adalah; Surabaya: Jum'at 3 Mei 2013/06:36 PM di langit Utara. Jakarta; Kamis 2 Mei 2013/07:25 PM di langit Barat Daya. Bali; Jum'at 3 Mei 2013/07:37 PM di langit Barat Daya. Banda Aceh; Rabu 1 Mei 2013/08:10 PM di langit Barat Daya. Sukabumi; Kamis 2 Mei 2013/07:25 PM di langit Barat Daya. [NASA]
Melihat UFO Melintasi Langit, Apa Sebenarnya? Melihat UFO Melintasi Langit, Apa Sebenarnya? Reviewed by Kontributor on 4/30/2013 07:33:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.