Matahari-Bumi-Saturnus Akan Berada Dalam Satu Garis Lurus

Ilustrasi oposisi Saturnus. Kredit: Riza
Info Astronomy — Waktu terbaik untuk melihat planet Saturnus pada tahun 2013 adalah sekarang! Saturnus akan nampak sepanjang malam selama hari-hari akhir April dan dari senja hingga fajar.

Bagaimana caranya agar Anda bisa melihat Saturnus? Berikut infoastronomy.uni.me akan jabarkan untuk Anda. Salah satu petunjuk untuk menemukan Saturnus adalah Bintang Spica.

Tips untuk menemukan Saturnus: Temukan planet Jupiter. Apakah Anda pernah melihat planet Jupiter di langit malam? Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi Jupiter di langit karena ia merupakan objek paling terang di barat setelah matahari terbenam (untuk saat ini). Jika Anda tahu itu Jupiter, hal ini dapat membantu Anda melihat Saturnus.

Ketika Jupiter berkedudukan rendah di langit barat menjelang malam, lihatlah ke arah berlawanan untuk melihat Saturnus rendah di langit timur. Saturnus akan naik ke atas dan terus ke barat sepanjang malam. Mengapa Jupiter dan Saturnus bergerak menuju barat sepanjang malam? Karena Bumi kita berotasi.

Jadi jika Anda melihat Jupiter - seperti bintang objek paling terang di langit malam - dan Anda melihat arah berlawanan itu untuk menemukan Saturnus, bagaimana Anda bisa yakin obyek yang Anda lihat adalah Saturnus? Ingat, Saturnus bersinar dengan cahaya keemasan. Ini adalah planet, sehingga ia tidak berkerlap-kerlip seperti bintang.

Saturnus di langit barat diamati dengan mata telanjang.
Ini adalah saat terbaik di tahun 2013 untuk melihat Saturnus, karena planet Bumi kita mengorbit antara matahari dan Saturnus pada Minggu, 28 April 2013.

Gerakan cepat Bumi di orbit membawa kita berada di antara Saturnus dan matahari setiap tahun. Peristiwa tersebut disebut oposisi oleh para astronom. Dengan kata lain, Saturnus kini di arah yang berlawanan dengan matahari di langit Bumi.

Saat oposisi, Saturnus terbit di timur saat matahari terbenam dan di barat saat matahari terbit. Oposisi juga membuat Saturnus berjarak dekat ke Bumi di tahun 2013. Efeknya, Saturnus kini bersinar paling cemerlang di langit.

Anda dapat mengamati Saturnus saat oposisi dengan mata telanjang. Dengan catatan, yang akan Anda lihat adalah bintang cemerlang keemasan yang tidak berkerlap-kerlip di langit. Jika dengan alat bantu sepeti teleskop, Anda akan mengamati Saturnus lengkap dengan cincinnya yang menakjubkan.