Kawah Ledakan Kembar di Planet Mars

Kawah kembar hasil tumbukan asteroid di Mars. Kredit: ESA
Info Astronomy Ledakan di permukaan tanah Mars yang dramatis, menghasilkan dua lubang besar yang dalam di Mars, dicitrakan oleh Mars Express milik Lembaga Antariksa Eropa (ESA) pada tanggal 4 Januari 2013.

Kawah 'kembar' berada di wilayah bernama Thaumasia Planum, dataran tinggi besar yang secara langsung terletak di sebelah selatan dari Valles Marineris, lembah terbesar di Tata Surya.

Paling utara (di kanan) kawah besar ini secara resmi diberi nama Arima pada awal tahun 2012, namun kawah di selatan (kiri) tetap tidak disebutkan namanya. Keduanya berdiameter tidak lebih dari 50 kilometer.



Berbagai kawah tetangga yang kecil juga menunjukkan bukti air di bawah permukaan es.

Kawah semacam ini dengan demikian dapat memberikan penglihatan ke masa lalu pada permukaan planet. Dalam hal ini, mereka memberikan bukti untuk wilayah Thaumasia Planum, setelah air di bawah permukaan berlimpah atau es yang dibebaskan selama dampak kawah baik yang kecil dan besar.
Kawah Ledakan Kembar di Planet Mars Kawah Ledakan Kembar di Planet Mars Reviewed by Kontributor on 4/13/2013 08:05:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.