Gerhana Bulan 26 April 2013: Siapa dan Bagaimana Mengamatinya

Gerhana Bulan Sebagian. Kredit: Earthsky.org
Info Astronomy — Pada 25-26 April 2013, seperti yang terlihat dari bagian bumi (termasuk Indonesia), bayangan gelap umbra Bumi hampir menutupi Bulan Purnama kala itu selama 27 menit, membuat Gerhana Bulan Sebagian tercepat ketiga di abad 21. 

Setidaknya ada 2 Gerhana Bulan pada akhir tahun ini, tetapi keduanya penumbra. Gerhana pada 25-26 April 2013 akan menjadi yang terakhir kalinya bayangan gelap Bumi (umbra) menyentuh wajah Bulan sampai Gerhana Bulan Total pada tanggal 15 April 2014. 

Seluruh wilayah Indonesia dapat mengamati Gerhana Bulan Sebagian pada 26 April 2013. Tidak hanya itu, semua orang di seluruh dunia akan bisa melihat Gerhana Bulan Sebagian yang tampak dekat Planet Saturnus.

Apa yang menyebabkan Gerhana Bulan Sebagian terjadi

Gerhana Bulan hanya dapat terjadi pada Bulan Purnama, ketika Bulan terletak umumnya berlawanan Matahari di langit Bumi. Ketika Bumi berada langsung di antara Bulan dan Matahari, kemudian bayangan gelap Bumi benar-benar jatuh pada permukaan Bulan.  

Pada 25-26 April, penyelarasan Matahari-Bumi-Bulan hanya sedikit melenceng, sehingga hal itu hanya membuat gerhana sebagian.

Gerhana Bulan terjadi ketika bayangan panjang dari Bumi menyentuh wajah Bulan. Bayangan Bumi memiliki dua bagian: umbra dan penumbra. Bulan tidak melintas ke bagian bayangan tergelap dari Bumi malam itu.  


Dengan hanya porsi paling utara Bulan melewati bayangan gelap Bumi selama sekitar 27 menit. Pada gerhana terbesar, bayangan gelap bumi akan mencakup kurang dari 1,5% dari diameter Bulan.

Wilayah yang dapat mengamati Gerhana Bulan Sebagian 26 April 2013
Siapa yang dapat melihat Gerhana Bulan Sebagian ini? 

Pada peta dunia di atas menunjukkan di mana Gerhana Bulan terlihat dari Bumi. Wilayah hitam menunjukan Anda tidak bisa mengamati Gerhana Bulan Sebagian ini, wilayah abu-abu hanya akan terlihat Bulan yang sedikit redup, sedangkan di wilayah putih adalah lokasi terbaik mengamati Gerhana Bulan Sebagian ini.

Dari sebagian besar Eropa dan Afrika Barat, bulan sebagian akan hilang cahayanya tak lama setelah matahari terbenam pada tanggal 25 April. Terlihat rendah di langit timur Anda. Teropong dapat membantu Anda melihat gerhana dalam kabut senja.

Dari Timur Tengah dan Asia Barat, gerhana sebagian terjadi pada larut malam atau sekitar tengah malam 25/26 April. Bulan akan berada di langit atas kepala.

Dari Indonesia, Australia dan Asia Timur, gerhana bulan terjadi sebelum matahari terbit pada tanggal 26 April. Terlihat rendah di langit barat Anda. Sekali lagi, teropong dapat membantu Anda untuk lebih mudah melihat gerhana dalam kabut dinihari.


Kapan Gerhana Bulan Sebagian ini dapat diamati (di Indonesia)?

Pada Gerhana Bulan Sebagian ini, fase umbra akan dimulai pada pukul 02.54 – 03.21 WIB. Dan akhirnya seluruh proses Gerhana Bulan Sebagian pun akan selesai pada pukul 05.11 WIB.
Gerhana Bulan 26 April 2013: Siapa dan Bagaimana Mengamatinya Gerhana Bulan 26 April 2013: Siapa dan Bagaimana Mengamatinya Reviewed by Kontributor on 4/24/2013 05:02:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.