Foto: Gerhana Bulan Sebagian 26 April 2013 di Indonesia

Gerhana Bulan Sebagian 26 April 2013. Kredit: Ma'rufin
Info Astronomy — Mendung, bahkan hujan di Jakarta sehingga tidak dapat ikut menyaksikan Gerhana Bulan dinihari tadi (Jumat 26 April 2013). Berikut adalah hasil pengamatan di Observatorium Bosscha, Lembang (Jawa Barat).

Hasil observasi ini dan juga dari berbagai pengamat lainnya di segenap penjuru Indonesia (dan mancanegara) memastikan bahwa Gerhana Bulan semalam adalah Gerhana Bulan Sebagian, meski bagian Bulan yang tertutupi umbra Bumi sangat kecil (hanya 1,5 %).

Observasi ini sekaligus mengakhiri kontroversi tentang apa sebenarnya status gerhana Bulan semalam. Sebelumnya, sebagian kalangan beranggapan gerhana Bulan kali ini hanyalah gerhana penumbral (merujuk perhitungan Jean Meeus atau sejenisnya), sementara sebagian lagi beranggapan adalah gerhana sebagian (merujuk perhitungan yang lebih kompleks seperti ELP 2000-82 atau sejenisnya).
 
Mari nantikan gerhana selanjutnya pada Jumat 10 Mei 2013 mendatang dalam bentuk Gerhana Matahari Cincin. Sebagian besar Indonesia bisa menyaksikannya kala Matahari sedang beranjak terbit, meski hanya berupa Gerhana Matahari Sebagian mengingat lintasan umbra tidak melewati Indonesia. [Ma'rufin Sudibyo]
Foto: Gerhana Bulan Sebagian 26 April 2013 di Indonesia Foto: Gerhana Bulan Sebagian 26 April 2013 di Indonesia Reviewed by Info Astronomy on April 26, 2013 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!