Cari Planet Ekstra Surya Pakai Stellarium

Fitur Planet Ekstra Surya. Kredit: Stellarium
Info Astronomy — Ingin tahu di mana letak planet-planet ekstra surya di alam semesta? Kini Anda dapat menemukannya dengan mudah dan praktis melalui perangkat lunak Stellarium.

Planet ekstra surya adalah planet-planet yang tidak termasuk dalam anggota tata surya kita, mereka berada di tata surya lain. Contohnya adalah HD 62509, Gliese 508 b, TrES-2b, dan masih banyak lagi yang lainnya bahkan yang belum ditemui manusia.

Dengan Stellarium, perangkat lunak peta langit interaktif, Anda dapat mengetahui di mana saja letak planet ekstra surya di seluruh jagad raya.

Bagaimana caranya?
  1. Untuk menggunakan fitur ini, tentu saja Anda harus memiliki Stellarium, silakan unduh di sini.
  2. Jika sudah di-install, selanjutnya buka menu 'Jendela Konfigurasi (berikon sebuah tang di sisi kiri).
  3. Pilih 'Plugin'
  4. Pilih 'Exoplanets'
  5. Pilih 'Atur' dan selanjutnya 'Update Sekarang'
  6. Kembali ke awal dan Anda tinggal klik ikon seperti pada gambar di atas.
  7. Planet-planet ekstra surya akan muncul dengan simbol hijau seperti pada gambar. Mudah, kan?
Dengan begitu, Anda dapat juga mengetahui jaraknya, magnitudonya, periodenya, massanya, tahun ditemukannya dan masih banyak lagi.

Perangkat lunak Stellarium gratis untuk diunduh. Ada pertanyaan? Kirim melalui kontak kami.
Cari Planet Ekstra Surya Pakai Stellarium Cari Planet Ekstra Surya Pakai Stellarium Reviewed by Kontributor on 4/10/2013 02:59:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.