Cara Membuat Pelangi Buatan di Halaman Rumah

Pelangi di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Info Astronomy — Semua tahu melihat pelangi di langit adalah hal yang mengagumkan. Pesona pelangi ini kadang jarang ditemui apa lagi saat ini akan memasuki musim panas di Indonesia.

Pelangi adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.

Lalu, bagaimana cara membuat pelangi sendiri tanpa hujan ataupun berkunjung ke air terjun terdekat rumah Anda?

Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan:
  1. Baskom atau bak berisi air jernih.
  2. Cermin
  3. Papan (jika tidak ada, bisa menggunakan dinding saja.
Ayo mulai!
  1. Masukan cermin ke dalam baskom berisi air tadi.
     
  2. Arahkan cermin yang terkena air dan sinar Matahari ke dinding, dan munculah pelanginya.
Mudah, kan? Eksperimen ini harus dilakukan di luar rumah agar mendapatkan cahaya matahari ke cermin. Cahaya matahari memantul dari cermin di dalam air ke dinding dan terbentuklah pelangi buatan. Selamat mencoba!
Cara Membuat Pelangi Buatan di Halaman Rumah Cara Membuat Pelangi Buatan di Halaman Rumah Reviewed by Kontributor on 4/04/2013 09:48:00 AM Rating: 5

1 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.