Bulan dan Gugus Bintang Pleiades Berdekatan Malam Ini

Kiri: Bulan Sabit Muda. Kanan: Gugus Bintang Pleiades. Kredit: Stellarium
Info Astronomy — Apa yang Anda lakukan di malam minggu ini? Jika hanya bersantai, tengoklah langit sekitar 30 menit setelah matahari terbenam. Memangnya ada apa?

Senja ini, mulai pukul 18.30 waktu lokal, Anda dapat mengamati Bulan yang dalam fase Sabit berdekatan dengan Gugus Bintang Pleiades.

Bulan Sabit Muda yang hari ini hanya 8% dari piringannya yang disinari matahari membuatnya agak sulit untuk ditemui. Untuk memudahkannya, carilah titik cahaya terang yang tidak berkerlap-kerlip di langit barat, ia adalah Planet Jupiter, lalu telusuri terus hingga ke bawah dan Anda akan menemukan Bulan Sabit.

Lalu, di mana Gugus Bintang Pleiades?

Ia ada di sisi kanan Bulan Sabit yang baru saja Anda temukan. Pleiades atau Gugus Kartika (Obyek Messier 45) adalah sebuah gugus bintang terbuka di rasi bintang Taurus, merupakan gugus bintang paling jelas dilihat dengan mata telanjang, dan salah satu yang terdekat dengan Bumi. Dalam tradisi perbintangan Jawa ia dikenal sebagai Lintang Wuluh.

Gugus tersebut didominasi oleh bintang-bintang biru panas yang terbentuk kurang dari 100 juta tahun yang lalu. Debu yang membentuk nebula pemantul di sekitar bintang-bintang terang awalnya dikira sebagai sisa-sisa pembentuknya (dari sini nama alternatif Nebula Maia diturunkan dari bintang Maia).

Namun sekarang diketahui bahwa nebula tersebut hanyalah awan debu medium antarbintang yang kebetulan sedang dilintasi oleh gugus. Astronom memperkirakan gugus akan bertahan hingga sekitar 250 juta tahun lagi, setelah itu gugus akan tercerai-berai karena interaksi gravitasi dengan obyek-obyek tetangganya.