Berapa Lama Cahaya Matahari Sampai ke Bumi?

Waktu sinar matahari mencapai bumi. Kredit: UniverseToday.com
Info Astronomy — Berapa lama waktu yang diperlukan sinar matahari untuk mencapai Bumi? Ini terdengar seperti pertanyaan aneh, tetapi mari berpikir tentang hal itu.

Sinar matahari bergerak pada kecepatan cahaya. Foton dipancarkan dari permukaan Matahari perlu melakukan perjalanan di ruang vakum untuk mencapai mata kita.

Jawaban singkatnya adalah bahwa waktu yang dibutuhkan sinar matahari rata-rata 8 menit dan 20 detik untuk perjalanan dari Matahari ke Bumi. Jika matahari tiba-tiba menghilang dari alam semesta, Anda akan menyadari hal ini pada 8 menit 20 detik kemudian. Namun ini tidak akan terjadi.

Berikut matematikanya. Kita mengorbit Matahari pada jarak sekitar 150 juta kilometer. Cahaya bergerak dengan kecepatan 300.000 kilometer/detik. Bagilah angka ini dan Anda mendapatkan 500 detik, atau 8 menit dan 20 detik.

Ini adalah jumlah rata-rata. Ingat, Bumi mengikuti orbit elips mengelilingi matahari, jaraknya mulai 147,000,000 kilometer hingga 152.000.000 kilometer. Pada titik terdekatnya, sinar matahari hanya membutuhkan waktu 490 detik untuk mencapai Bumi. Dan kemudian pada titik paling jauh, dibutuhkan 507 detik untuk sinar matahari untuk melakukan perjalanan ke Bumi.

Anda mungkin tahu bahwa foton diciptakan oleh reaksi fusi di dalam inti matahari. Mereka memulai sebagai radiasi sinar gamma dan kemudian dipancarkan dan diserap berkali-kali dalam zona radiasi matahari, berkeliaran di dalam bintang raksasa sebelum mereka akhirnya mencapai permukaan.

Apa yang Anda mungkin tidak tahu, adalah bahwa foton yang bola mata Anda lihat yang sebenarnya diciptakan puluhan ribu tahun yang lalu dan butuh waktu yang lama bagi mereka untuk dipancarkan oleh matahari.

Setelah mereka lolos ke permukaan, hanya 8 menit bagi foton untuk menyeberangi jarak yang luas dari Matahari ke Bumi. Ketika Anda melihat ke luar ke luar angkasa, Anda benar-benar melihat ke masa lalu.

Lampu yang Anda lihat dari komputer atau gadget Anda adalah beberapa nanodetik yang lalu. Cahaya yang dipantulkan dari permukaan Bulan hanya membutuhkan satu detik untuk mencapai Bumi. Matahari adalah lebih dari 8 menit cahaya jauhnya. Maka, jika cahaya dari bintang terdekat (Alpha Centauri) memakan waktu lebih dari 4 tahun untuk mencapai kita, jadi yang kita lihat adalah bintang 4 tahun yang lalu.

Ada galaksi yang berjarak jutaan tahun cahaya, yang berarti cahaya yang kita lihat adalah cahaya galaksi jutaan tahun yang lalu. Misalnya, galaksi M109 terletak sekitar 83.500.000 tahun cahaya.

Jika alien tinggal pada galaski M109, dan memiliki teleskop yang kuat dan canggih, mereka akan melihat Bumi yang tampak di masa lalu. Mereka bahkan mungkin melihat dinosaurus berjalan di permukaan.