52 Tahun Lalu, Manusia Pertama Meluncur ke Antariksa

Yuri Gagarin. Kredit: Yuri's Nigth 2013
Info Astronomy — Yuri Gagarin meluncur ke antariksa hanya selama 108 menit, dan hanya sekali mengorbit Bumi. Tetapi, ia akan selalu dikenang sebagai orang pertama yang terbang ke antariksa.

Gagarin adalah seorang siswa ketika tentara Jerman menduduki Rusia. Keluarganya mengungsi, tapi selamat, dan setelah perang ia memasuki sekolah teknik. Di sana, ia mengambil bidang penerbangan amatir, dan ia sangat menyenanginya sehingga kemudian memutuskan untuk menjadi pilot.

Ia ternyata cocok dan cakap dalam mata pelajaran teknik, ia merupakan calon yang ideal untuk angkatan udara Soviet, yang dimasukinya pada tahun 1957.

Ia terpilih menjadi anggota kelompok kosmonot (sebutan astronot di Rusia) pertama pada tahun 1960, dan mengikuti latihan yang lama dan melelahkan. Akhirnya ia terpilih untuk menjadi pilot pesawat antariksa berawak pertama, Vostok 1.

Pada tanggal 12 April 1961, Yuri Gagarin diluncurkan ke antariksa dari Landasan Antariksa Baiknour. Berita-berita yang menggemparkan mengenai manusia yang akhirnya bisa meninggalkan Bumi itu dikirimkan ke seluruh dunia. Peluncuran itu bagi Rusia merupakan kemenangan antariksa.

Ia kembali mendarat dengan parasut, dan melangkah keluar dari kapsulnya, menyalami semua orang yang menyaksikan ia melayang turun dari antariksa.

Di Moskow, Rusia, ia mendapat sambutan selamat datang sebagai seorang pahlawan, dan bertemu dengan pemimpin Soviet kala itu, Kruschev. Ia menjadi duta besar keliling dan mengunjungi berbagai negara di dunia. Sifatnya yang menyenangkan dan wajahnya yang kekanak-kanakan telah membuatnya populer ke mana pun ia pergi.

Ia tewas dalam kecelakaan pesawat terbang pada usia tiga puluh tahun.
52 Tahun Lalu, Manusia Pertama Meluncur ke Antariksa 52 Tahun Lalu, Manusia Pertama Meluncur ke Antariksa Reviewed by Kontributor on 4/12/2013 01:35:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.