Voyager 1 Telah Keluar Tata Surya, Benarkah?


Info Astronomy — Sebuah kabar baru mengeluarkan laporan hari ini bahwa wahana luar angkasa Voyager 1 tampaknya telah menjelajah di luar pengaruh Matahari dan keluar dari heliosfer.

Namun, data yang disebutkan mereka adalah sama dengan klaim ilmuwan NASA Voyager pada Desember 2012 yang hanya wilayah baru di tepi tata surya yang para ilmuwan sebelumnya tidak tahu ada di sana.

Mereka menyebutnya "jalan tol" partikel magnetik, menggembalakan Voyager 1 keluar ke ruang antar bintang, sedangkan kabar baru yang dikeluarkan oleh American Geophysical Union (AGU) mengatakan Voyager 1 telah menyeberangi "heliocliff" dan masuk ke ruang antar bintang.

Juru bicara Jet Propulsion Laboratory (JPL) Jia Rui Cook baru saja mendengar dari berita itu ketika pagi ini dihubungi untuk memverifikasi temuan dari berita baru. "Pernyataan terakhir kami tentang hal ini adalah hal penting yang kita cari, adalah perubahan dalam data medan magnet," katanya melalui telepon.

UPDATE: NASA telah mengeluarkan pernyataan mengenai masalah ini:

"Tim Voyager menyadari laporan hari ini bahwa NASA Voyager 1 telah meninggalkan tata surya," kata Edward Stone, ilmuwan proyek Voyager berbasis di California Institute of Technology, Pasadena, California "Ini adalah kesepakatan bersama dari tim sains Voyager bahwa Voyager 1 belum meninggalkan tata surya atau mencapai ruang antarbintang.

Pada bulan Desember 2012, tim Sains Voyager melaporkan bahwa Voyager 1 berada dalam wilayah baru yang disebut 'jalan tol magnet' di mana partikel-partikel energik berubah secara dramatis. Perubahan dalam arah medan magnet adalah indikator penting terakhir mencapai ruang antarbintang dan bahwa perubahan arah belum diamati."

Namun, Desember lalu dalam konferensi pers NASA, tim Voyager mengatakan mereka telah menduga wilayah ini masih dalam gelembung surya kita karena arah garis-garis medan magnet tidak berubah. Arah garis medan magnet diperkirakan berubah ketika Voyager menerobos ke ruang antarbintang.

"Kami percaya ini adalah jejak terakhir dari perjalanan kami ke ruang antarbintang," kata Stone selama konferensi pers. "Dugaan kami yang terbaik adalah kemungkinan hanya beberapa bulan untuk beberapa tahun lagi. Daerah baru tidak apa yang kami harapkan, tapi kami datang untuk mengharapkan yang tak terduga dari Voyager." [UT]
Voyager 1 Telah Keluar Tata Surya, Benarkah? Voyager 1 Telah Keluar Tata Surya, Benarkah? Reviewed by Kontributor on 3/21/2013 11:19:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.