Video: Badai Matahari Menerjang Komet Pan-STARRS

Info Astronomy — Komet Pan-STARRS yang dikabarkan pecah pada Jum'at 15 Maret 2013 lalu ini menjadi hal yang menarik untuk diamati para astronom dan ilmuwan.

Pusat Penerbangan Goddard milik NASA memantau detik-detik Coronal Mass Ejection (CME) dari Matahari yang mengenai komet Pan-STARRS. Matahari yang saat sedang terjadi badai di permukaannya telah memecah komet Pan-STARRS menjadi dua bagian.

Badai Matahari yang melontarkan partikel-partikel bermuatan miliaran ton sudah sampai ke Bumi. Partikel-partikel itu memasuki wilayah magnetik Bumi dan menciptakan aurora yang indah dan lama di kutub Bumi.

Solar Terrestrial Relations Observatory (STEREO) menyaksikan partikel super panas yang dipancarkan dari CME yang menuju komet. Tetapi komet dan CME tidak benar-benar berpapasan.

Badai Matahari masih akan terjadi setidaknya seminggu ke depan.