Toilet Para Astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Toilet ISS. Kredit: Lembaga Antariksa Kanada


Info Astronomy — Para astronot mengaitkan tubuh mereka ke toilet sehingga tubuh mereka tidak melayang. Kemudian mereka menggunakan alat seperti vacuum cleaner untuk menyedot segala jenis sampah buangan.

Di dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) tidak ada bak mandi atau shower, tapi ada toilet. Toiletnya seluas 1 x 1 meter. Laki-laki dan perempuan menggunakan toilet yang sama.

Toiletnya mirip seperti toilet orang barat yang kita gunakan di bumi. Meskipun demikian, ada sedikit perbedaan. Para astronot mengikatkan tubuh mereka di toilet sehingga mereka tidak melayang.

Kemudian mereka menggunakan alat seperti vacuum-cleaner untuk menyedot sampah buangan. Sampah buangan ini kemudian dikeringkan dalam vacuum.

Toilet tidak dipisahkan oleh pintu, melainkan hanya korden. Jadi, Anda bisa bayangkan suara dari dalam toilet pasti terdengar dari luar. Meskipun begitu, di dalam ISS sangat bising. Suara dari kipas angin, motor penggerak, dan alat-alat bising lainnya terlalu berisik saat toilet digunakan, sehingga suara dari dalam toilet tidak akan terdengar dari luar.

Agar dapat duduk dengan pas di penyedot toilet yang hanya berukuran 10 cm, para astronot menggunakan peralatan pelatihan yang dilengkapi dengan kamera yang terdapat di dudukan toilet. [JAXA]
Toilet Para Astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional Toilet Para Astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional Reviewed by Kontributor on 3/26/2013 02:18:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.