Terkena Badai Matahari, Komet Pan-STARRS Pecah


Info Astronomy — Berita datang lagi dari komet Pan-STARRS, komet ini dikabarkan pecah menjadi dua bagian, begitulah apa yang diberitakan astronom amatir Ma'rufin Sudibyo.

Komet yang pada awalnya memiliki magnitudo +2, kini menjadi lebih terang 6 kali lipat, sekarang ia memiliki magnitudo +0. Semakin terangnya ini diakibatkan oleh semakin banyaknya debu dari kedua pecahan komet.

Pecahnya komet Pan-STARRS disebabkan oleh Badai Matahari yang terjadi pada Jum'at (15/3) lalu. Coronal Mass Ejection (CME) yang dilepaskan Matahari sanggup memecah komet Pan-STARRS ini menjadi dua bagian. Bagian pecahannya jauh lebih kecil.

Komet Pan-STARRS mungkin dapat kembali diamati di langit barat laut saat beberapa menit setelah Matahari terbenam. Gunakan binokuler, teleskop, atau DSLR untuk memermudah pengamatan.

Tidak ada dampak apapun ke permukaan Bumi dari akibat pecahnya Pan-STARRS ataupun Badai Matahari. Tetaplah pintar dan kritis dalam menerima berita.
Terkena Badai Matahari, Komet Pan-STARRS Pecah Terkena Badai Matahari, Komet Pan-STARRS Pecah Reviewed by Kontributor on 3/18/2013 01:20:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.