Sayangi Planet Bumi Kita Melalui Earth Hour 2013


Info Astronomy — Tiga puluh lebih kota, dari Banda Aceh hingga Makassar, bakal ikut serta dalam kampanye Earth Hour 2013. Earth Hour 2013 ditandai dengan aksi mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak penting selama satu jam pada hari Sabtu, 23 Maret 2013, pukul 20.30-21.30 sesuai waktu masing-masing daerah.

Nyoman Iswarayoga, Direktur Program Iklim dan Energi WWF Indonesia, mengatakan kampanye Earth Hour merupakan aksi serentak individu, komunitas, korporasi, dan pemerintah di seluruh dunia dalam usaha mengurangi laju pemanasan global dan dampak perubahan iklim. “Earth Hour 2012 berhasil meraih 2 miliar pendukung dari 7.001 kota di 152 negara,” ujarnya di Jakarta seperti dikutip Tempo.co, Kamis 21 Maret 2013.

Nyoman menambahkan, di kota-kota Indonesia yang berartisipasi, para pemerintah daerahnya menyatakan dukungan secara publik dengan berkenan menjadi Duta Earth Hour untuk daerahnya. “Ada 14 wali kota/bupati dan lima gubernur yang berkomitmen menjadi Duta Earth Hour,” ujarnya.

Kampanye Earth Hour 2013 akan dipusatkan di Taman Proklamator, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Acara itu akan didukung oleh puluhan komunitas dari Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bogor. Sementara di berbagai daerah, sekitar 500 komunitas akan secara serentak melakukan aksi Earth Hour di kota masing-masing.

Nyoman mengatakan kampanye Earth Hour Indonesia dimulai tahun 2009 di Jakarta. Dengan kampanye yang masif kota-kota lain mencontoh dengan berbagai inisiatif pemerintah daerah, komunitas, dan perusahaan. Pemerintah DKI Jakarta sendiri, ujarnya, telah mengeluarkan surat imbauan kepada pemilik gedung di sepanjang Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudriman, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan HR Rasuna Said untuk ikut berpartisipasi dalam kampanye Earth Hour 2013.

Dalam Earth Hour 2013 akan diberikan Penghargaan Aksi Untuk Bumi 2013. “Ajang ini untuk mengangkat inisiatif pemerintah, kelompok masyarakat, sekolah, dan korporasi yang telah menerapkan gaya hidup hijau dan telah membuktikan perjalanannya selama satu tahun sejak Earth Hour 2012,” ujar Nyoman. Ayo ikut mengurangi pemanasan global di Planet yang Anda tumpangi ini. [Richard]
Sayangi Planet Bumi Kita Melalui Earth Hour 2013 Sayangi Planet Bumi Kita Melalui Earth Hour 2013 Reviewed by Kontributor on 3/22/2013 02:03:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.