Observasi Langit Minggu Pertama April 2013

Ayo Observasi Langit. Kredit: Info Astronomy
Info Astronomy — Fenomena-fenomena langit tentunya paling ditunggu oleh para pengamat langit, entah itu seorang amatir ataupun profesional. Minggu pertama April 2013 ini akan ada beberapa fenomena langit yang asyik untuk diamati.

Jangan ragu untuk mengamati langit malam, walau tanpa teleskop, melihat bintang-bintang saja mungkin membuat hati senang. Sekarang mari kita cari tahu apa saja yang akan Anda amati di langit malam minggu pertama bulan April 2013.

1 April
Segitiga langit
Planet Jupiter, Bintang Aldebaran, dan Gugus Bintang Pleiades akan membentuk segitiga di langit sehabis senja pada 1 April 2013. Anda dapat mengamati ketiganya dengan atau tanpa teleskop. Namun, mencari Gugus Bintang Pleiades tidaklah mudah jika langit di daerah Anda tidak secerah ilustrasi ini.

Mereka bertiga akan dapat Anda amati mulai pukul 19.30 hingga 21.00 waktu lokal daerah Anda. Jupiter akan tampak paling bersinar dari segitiga ini.

2 April
Setelah sebelumnya kita sudah mengamati Jupiter, Aldebaran, dan Pleiades menjadi segitiga di langit. Pada 2 April kita akan melihat lebih dekat ke Jupiter. Ada apa sih? Ternyata satelit alami milik Jupiter yang bernama Io akan transit di depan Jupiter. Sayangnya, transit ini hanya dapat diamati oleh pengamat langit di wilayah Amerika. Karena pada saat itu wilayah Indonesia masih siang, sekitar pukul 12.30 WIB. Tapi jangan kecewa, Jupiter masih dapat diamati pada malam harinya.

3 April
Satelit alami milik Bumi satu-satunya akan berada dalam fase separuh. Bulan Separuh dapat Anda amati pada 3 April 2013 pukul 02.00 waktu lokal daerah Anda. Bulan akan berada di rasi Sagittarius.

4 April
Planet Saturnus akan tepat berada di atas kepala Anda. Ya, pada 4 April 2013 pukul 02.00 waktu lokal, Anda dapat menengok langit tengah dan langsung menemui Planet Saturnus yang bersinar bagai bintang kuning terang yang tidak berkerlap-kerlip. Penggunaan teleskop mungkin akan membantu Anda melihat cincin Saturnus.

5 April
Inilah kesempatan terbaik Anda untuk mengamati satelit-satelit alami milik Saturnus seperti Titan, Thetys, Rhea, dan Dione. Mereka akan tampak lebih cemerlang. Akan tetapi pengamatan ini harus dilakukan menggunakan teleskop.

6 April
Melihat asteroid Vesta. Ya, apakah Anda pernah melihat asteroid yang melintas langit malam? Jika belum, inilah saatnya. Asteroid Vesta akan memiliki magnitudo 8, ia akan bergerak dari Bintang Zeta (ζ) Tauri, lalu ke tanduk rasi Taurus dan terakhir akan sampai di M1.

7 April
Galaksi Bima Sakti akan membentang dari langit Barat Daya ke Timur Laut. Anda mahir dalam fotografi? Ayo abadikan citra galaksi kita pada 7 April 2013 pukul 02.00 waktu lokal.