Minggu Ini Akan Terjadi Ekuinoks Maret


Info Astronomy — Ekuinoks Maret adalah saat Matahari terlihat melewati garis ekuator Bumi. Ekuinoks Maret adalah ekuinoks vernal di belahan Bumi Utara dan ekuinoks autumnal di belahan Bumi Selatan.

Ekuinoks Maret tahun 2013 ini akan terjadi pada tanggal 21 pukul 17:02 WIB. Pada hari dan tanggal 21 Maret, deklinasi Matahari sama dengan nol yang disebut titik ekuinoks.

Saat itu, Matahari sejajar dengan bidang ekuator atau garis khatulistiwa. Deklinasi Matahari dengan nilai sama namun dalam posisi berbeda akan kembali terjadi pada 23 September.

Bagi orang yang tinggal di garis khatulistiwa yaitu wilayah yang memiliki nilai lintang tempat pada kisaran 0 derajat seperti kota Pontianak yang berada pada kisaran lintang 0 derajat 5 detik lintang selatan dan 109 derajat 22 menit bujur timur, di siang hari mereka akan menyaksikan saat-saat Matahari berada di titik tertinggi atau tegak lurus di atas kepala atau kulminasi Matahari tepat berada di titik zenith.

Mereka juga akan menyaksikan, secara praktis Matahari terbit tepat di titik timur dan terbenam tepat di titik barat. Bagi daerah yang berada pada lintang nol derajat ini, lama waktu siang praktis sama dengan lama waktu malam.

Setelah tanggal 21 Maret ini, selanjutnya Matahari bergerak ke utara atau berada di belahan Bumi Utara hingga pada tanggal 21 Juni nanti akan mencapai titik deklinasi terjauh sebelum akhirnya kembali bergerak ke selatan hingga mencapai titik kebalikan konstelasi Aries pada 23 September.
Minggu Ini Akan Terjadi Ekuinoks Maret Minggu Ini Akan Terjadi Ekuinoks Maret Reviewed by Kontributor on 3/18/2013 07:04:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.