Lift ke Luar Angkasa Akan Menjadi Kenyataan

Info Astronomy — Penggemar fiksi ilmiah telah lama akrab dengan yang namanya lift ruang angkasa. Dipopulerkan oleh Arthur C Clarke, konsep lift dari Bumi ke suatu orbit telah ada sekitar selama lebih dari satu abad.

Dalam sebuah opera M Bank atau Alastair Reynolds banyak menggambarkan "lift ruang angkasa" yang cukup banyak dibuat untuk menggambarkan bagaimana manusia bisa meninggalkan Bumi dan berpergian ke luar angkasa.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ISEC yaitu sebuah rekayasa futuristik terdiri dari beberpa kabel juga dikenal sebagai tether yaitu bahan yang membentang dari permukaan Bumi menuju orbit. Kemudian “robot” akan menarik kabel dari permukaan, melalui stratosfer dan kemudian langsung menuju ke luar angkasa.

Dengan alat ini kelak manusia akan mudah untuk berpergian ke luar angkasa dan bisa membawa batu dari Bulan untuk dijadikan kenang-kenangan saat mereka kembali ke Bumi.

"Anda bisa naik untuk biaya tiket pesawat kelas satu, dan selanjutnya kami akan membawa Anda menuju orbit di mana Anda bisa menjadi layaknya seorang astronot," seru David Horn, Ketua ISEC.

ISEC telah bereksperimen bagaimana membuat ruangan lift selama sepuluh tahun.

Walaupun konsep terlihat sederhana, namun tantangan yang harus diatasi adalah bagaimana untuk menemukan bahan yang tepat untuk kabel-kabel tersebut dengan standar yang harus ringan, kuat, fleksibel dan dibutuhkan 100.000 km (62.000 mil) - lebih tinggi dari orbit geostasioner.

Bahan yang bisa diharapkan mungkin saja bisa menggunakan nanotube karbon. Terdiri dari atom karbon interlinking, digulung menjadi silinder, masing-masing nanotube karbon sekitar sepersejuta milimeter dengan diameter dan dilengkapi dengan struktur yang ringan, kuat dan fleksibel.

"Materi ini, atau sesuatu yang mirip, adalah kunci untuk membuat ruang lift bisa menjadi kenyataan," kata Horn. "Karbon nanotube dapat dipintal menjadi kabel dan tethers,... secara teoritis mereka akan cukup kuat. Kita hanya perlu untuk mengetahui cara pembuatan pita dari bahan-bahan dalam jumlah besar."

Perkiraan harga bervariasi dari $10 sampai $50 miliar, yang masih lebih murah daripada biaya dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). [tryneble]