Komet Pan-STARRS Akan Meninggalkan Indonesia

Info Astronomy — Komet C/2011 L4 atau yang sudah akrab di sebuat komet Pan-STARRS adalah salah satu dari beberapa komet yang mengunjungi Bumi tahun 2013 ini.

Komet yang namanya diambil dari lokasi ditemukannya, Pan-STARRS Observatory di Hawaii, Amerika Serikat telah seminggu lebih muncul di langit barat Indonesia.

Pergerakan komet Pan-STARRS sejak akhir Februari lalu menjadi pemandangan yang indah. Wilayah Indonesia sendiri sudah dapat mengamati komet ini sejak 8 Maret 2013 lalu, dan hari ini (17/3) komet Pan-STARRS mulai redup.

Komet Pan-STARRS di langit barat Indonesia sudah hampir ke langit barat laut dan mendekati horizon saat senja. Sulit diamati dengan mata telanjang. Namun, dengan bantuan binokuler atau teleskop komet Pan-STARRS mungkin masih dapat diamati.

Komet Pan-STARRS tidak menghilang, ia saat ini sedang 'tebar pesona' di wilayah Bumi belahan utara. Seperti Perancis, Inggris, Amerika, dan Rusia.

Menurut para peneliti, Anda tidak akan menemui komet Pan-STARRS lagi hingga 110.000 tahun mendatang. Dikarenakan orbitnya yang hiperbolik membuatnya bisa diamati lagi oleh manusia masa depan. Bagi Anda yang tidak mengamati komet ini, tidak perlu kecewa. Bulan November mendatang, komet ISON yang dikabarkan lebih terang dari Bulan Purnama (Full Moon) akan menampakan dirinya di Indonesia. Selamat tinggal komet Pan-STARRS!