Komet 2013 A1 Berpotensial Menabrak Planet Mars

Ilustrasi: Komet 2013 A1 (Siding Spring) diamati dari Mars pada 19 Oktober 2014.
Info Astronomy — Lintasan terbaru dari komet 2013 A1 (Siding Spring) yang dirilis oleh Program Lembaga Objek Dekat Bumi (Near Earth Object) di Jet Propulsion Laboratory menunjukkan komet akan berlalu dalam jarak 186.000 mil (300.000 kilometer) dari atas Mars dan ada kemungkinan kuat bahwa mungkin melewati lebih dekat.

Perkiraan Program NEO ini berdasarkan pengamatan pada 1 Maret 2013, telah melewati sekitar 31.000 mil (50.000 kilometer) dari permukaan Planet Merah itu. Jarak itu sekitar dua setengah kali dari orbit satelit alam terluar, Deimos.

Dalam video ini didasarkan pada orbit komet dihitung oleh Leonid Elenin, yang datang dalam jarak 58.000 km, dan divisualisasikan oleh perangkat lunak SpaceEngine.

Lintasan untuk Siding Spring sedang disempurnakan sebagai pengamatan lebih jauh. McNaught Rob menemukan komet ini pada tanggal 3 Januari 2013, di Siding Spring Observatory di Australia, dan melihat kembali pengamatan arsip telah menggali lebih banyak gambar dari komet, memperpanjang interval pengamatan kembali ke 4 Oktober 2012. Perbaikan lebih lanjut ke orbitnya diharapkan sebagai data observasional yang akan diperoleh.

Dari Bumi, komet diperkirakan tidak akan mencapai kecerahan mata telanjang, tetapi dapat menjadi cukup terang (sekitar magnitudo 8) bahwa hal itu bisa dilihat dari belahan bumi selatan pada pertengahan September 2014, dengan menggunakan teropong, teleskop atau teleskop kecil.

Siding Spring kemungkinan berasal dari awan Oort. Astronom amatir dan profesional akan mengawasi lintasan komet ini untuk menentukan apakah komet akan berakhir dengan menumbuk Mars atau tidak.