Inilah 3 Bintang Terbesar di Alam Semesta

Info Astronomy — Studi mengenai alam semesta yang luas dan penuh teka-teki, ditambah dengan fenomena yang terjadi di dalamnya, dan unsur-unsur surgawi yang tidak dapat diukur di dalamnya, membuat seseorang merasa sangat mungil, dan tidak signifikan.

Kita hanyalah sebuah bintik jika dibandingkan dengan planet kita yang hanya berupa suatu fraksi dari ukuran matahari. Tetapi ada juga bintang-bintang di luar sana yang bahkan membuat matahari terlihat seperti sebuah flek yang tidak penting.

Kami telah menyusun suatu daftar berupa 3 bintang terbesar yang telah diketahui di alam semesta ini. Ukuran dari setiap bintang dijabarkan dalam jari-jari solar, dimana satu radius solar sama dengan jari-jari matahari.

Terbesar pertama, NML Cygni.

NML Cygni atau V1489 Cygni adalah bintang maharaksasa merah dan bintang terbesar yang saat ini dikenal, sekitar 1.650 kali dari matahari atau memiliki radius 7.67 AU. Bintang ini termasuk salah satu bintang super-raksasa ekstrim bercahaya. Diperkirakan memiliki jarak dari Bumi sekitar 1,6 kiloparsec, atau sekitar 5.300 tahun cahaya. Bintang ini memiliki lingkungan yang berdebu di sekitarnya dan debu itu menunjukkan suatu nebula berbentuk asimetris yang bertepatan dengan distribusi Uap Maser H 2O. NML Cygni adalah bintang variabel semiregular dengan masa periode sekitar 940 hari.

Terbesar kedua, VY Canis Majoris

Bagian dari konstelasi Canis Major, bintang hiper raksasa ini (satu dengan massa yang besar dan luminositas) adalah bintang terbesar kedua yang telah diketahui, dengan satu radius antara 1,800-2,100 jari-jari solar (kurang lebih 2.7 milyar kilometer), yang berarti setara dengan 900-1,050 matahari dalam satu garis lurus dari pusat ke kelilingnya! Bintang ini diperkirakan 4,900 tahun cahaya dari Bumi.

Terbesar ketiga, VV Cephei A.

Bintang primer raksasa yang berwarna merah ini termasuk dalam sistem perbintangan gerhana biner VV Cephei (sepasang bintang yang memiliki orbit mengelilingi sekitar pusat massa mereka, dimana bidang orbit bertepatan dengan garis pandang pengamat). Bintang ini berlokasi di konstelasi Cepheus yang jaraknya 2,400 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki radius 1,600-1,900 jari-jari solar.

Betapa besarnya bintang-bintang itu. Sungguh kita tidak ada apa-apanya di alam semesta ini.