Informasi Komet Pan-STARRS Senja 9 Maret 2013


Info Astronomy — Komet Pan-STARRS, komet yang ditunggu-tunggu para pengamat langit di bulan ini. Pada tangga 9 Maret 2013 ini, komet Pan-STARRS akan menampakan dirinya (lagi) di langit arah Matahari tenggelam.

Untuk hari ini, komet Pan-STARRS akan berada di sudut deklanasi −6° 51.0' dan berjarak 1.107 SA.

Bagaimana Anda dapat mengamatinya?

Pertama, cari langit barat. Tidak tahu langit barat? Cari langit arah Matahari tenggelam. Amati mulai pukul 17.55 waktu lokal hingga 30 menit setelah Matahari tenggelam. Komat Pan-STARRS akan berada di langit pada ilustrasi di atas.

Kedua, siapkan alat bantu (opsional), alat bantu tersebut bisa teleskop, binokuler, atau DSLR. Alat bantu tersebut dapat membantu Anda dalam pengamatan ini.

Komet Pan-STARRS diamati di Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia pada 7 Maret 2013. Kredit: Rukman Nugraha
Jika diamati dengan mata telanjang, komet Pan-STARRS akan menyerupai titik putih dengan magnitudo +2. Berbeda jika diamati dengan alat bantu, untuk hal ini binokuler, ekor komet Pan-STARRS akan terlihat juga. Ekor akan melebar ke arah atas. [riza]
Informasi Komet Pan-STARRS Senja 9 Maret 2013 Informasi Komet Pan-STARRS Senja 9 Maret 2013 Reviewed by Kontributor on 3/09/2013 12:43:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.