Hari Ini Komet Pan-STARRS Paling Dekat dengan Bumi

Info Astronomy — Komet Pan-STARRS diabadikan dari Manawatu, Selandia Baru (kanan) dan Melbourne, Australia (kiri) dengan menggunakan kamera tanpa disertai teleskop, masing-masing pada 1 dan 2 Maret 2013 lalu dengan waktu paparan 6 dan 3 detik.

Komet nampak jelas bahkan dari lingkungan kota besar seperti Melbourne yang penuh dengan polusi cahaya dan kabut asap polutif (smog), menunjukkan bahwa komet telah cukup terang dengan tingkat terang di sekitar magnitudo semu +2,5.

Beberapa ujicoba pengamatan di belahan Bumi utara seperti di Perancis dan Italia bahkan sanggup mengabadikan komet terang ini meski di siang bolong saat Matahari belum terbenam, walaupun dibutuhkan teknik spesial untuk itu.

Saat ini komet Pan-STARRS masih menyusuri orbitnya menuju ke perihelionnya dan kini telah berada lebih dekat ke Matahari dibanding Merkurius.

Sebagai komet yang baru pertama kali berkunjung di dekat Matahari, potensi peningkatan kecerlangan komet ini tetap terbuka. Pada 5 Maret 2013 besok, komet akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi yang sebesar 165 juta kilometer.

Sementara pada 10 Maret 2013 mendatang, komet bakal mencapai titik perihelion (titik terdekat ke Matahari) yang hanya sejauh 45 juta kilometer.

Unggah foto komet Pan-STARRS di daerahmu ke email info.astronomy@gmail.com [Ma'rufin Sudibyo]