Galaksi Andromeda Tetangga Galaksi Bima Sakti

Info Astronomy — Sebagian besar galaksi dapat terlihat jika kita menggunakan setidaknya teleskop kecil, tetapi untuk melihat galaksi Andromeda (Messier 31), kita cukup dengan mata telanjang saja, meski kita harus mengetahui ke arah mana kita mencarinya.

Galaksi Andromeda terletak di konstelasi Andromeda, dan dinamai seorang putri dari Mitologi Yunani.

Andromeda adalah galaksi terbesar dalam Lokal Group yang juga berisi dari galaksi kita – Bima Sakti, Galaksi Triangilum, galaksi-galaksi kerdil (dwarf galaxy) dan galaksi-galaksi irregular. Perkiaraaan terbaru menunjukan bahwa Andromeda memiliki massa sebesar 800 milliar dari massa matahari. Bima Sakti hanyamemiliki 80% massa Andromeda.

Andromeda diamati pertama kali oleh astronom-astronom Persia ribuan tahun yang lalu, dilanjutkan oleh Charles Messier yang menciptakan katalog untuk galaksi-galaksi, Andromeda dikatalogkan sebagai M31. Pada tahun 1912 para astronom menghitung kecepatan Andromeda mencapai 300 km/detik mendekat ke arah matahari, atau dengan kata sederhana mendekati kita.

Sedangkan Edwin Hubble menghitung jarak Andromeda dengan variabel capheid di galaksi menemukan bahwa jarak Andromeda adalah 450 kpc, atau setara 2,5 juta tahun cahaya dari tepian galaksi Bima Sakti.

Andromeda diperkirakan memiliki diameter sebesar 220.000 tahun cahaya, hampir dua kali lipat diameter bumi.

Sementara sebagian besar galaksi menjauh dari galaksi kita, Andromeda ada pada jalur bertabrakan dengan Bima Sakti, dan akan menyatu pada 2,5 milyar tahun yang akan datang, dan membentuk sebuah galaksi elips rakasasa. Diperkirakan akan ada sekitar 14 dwarf galaksi yang mengorbit dalam beberapa tahapan merger.

Struktur Andromeda mirip dengan galaksi Bima Sakti, yaitu berbentuk spiral. Letak Andromeda berada di belahan langit utara. Galaksi terdekat ini bisa diamati pada September, Oktober serta November. [Antar Galaksi]