Saran pencarian

Ekuinoks Maret dari Luar Angkasa

Ekuinoks Maret dari Luar Angkasa


Info Astronomy - Selamat datang musim semi. Pada hari ini, panjang siang dan malam hampir sama untuk sebagian besar wilayah di planet Bumi. Jumlah energi surya yang dikirimkan ke belahan bumi Utara dan Selatan juga sama.

Anda dapat melihat efek yang di gambar yang diambil pagi ini (2O Maret) di 7:45 EDT (11:45 UT 18:45 WIB) oleh GOES-13 satelit Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Seriket. Foto menunjukkan kedua belahan Bumi sama-sama menyala.

Gambar ini diambil beberapa saat setelah terjadinya ekuinoks, yang terjadi pada 07:02 EDT (11:02 Universal Time 18:02 WIB).

Fajar musim semi datang pada tanggal yang berbeda (dari Maret 19-21) dan waktu yang berbeda setiap tahun karena dua alasan. Pertama, tahun bukanlah jumlah hari yang tepat keseluruhan; Bumi membutuhkan sekitar 365 hari untuk mengorbit matahari (yang adalah mengapa kita memiliki hari lompatan setiap empat tahun atau yang disebut kabisat).

Kedua, Bumi lingkaran matahari dalam orbit elips, dan bahwa selain tarikan gravitasi dari planet-planet lain, terjadi perubahan orientasi bumi ke matahari dari tahun ke tahun. Ekuinoks (yang menandai awal musim semi dan musim gugur) dan solstices (yang menandai awal musim panas dan musim dingin) adalah titik-titik dalam ruang dan waktu yang menunjuk transisi dalam perjalanan tahunan planet mengelilingi matahari.

Di lintang yang lebih tinggi dari belahan bumi utara, waktu siang dan malam yang sama lamanya terjadi beberapa hari sebelum ekuinoks musim semi, sedangkan di belahan bumi selatan yang saat ini datang setelah ekuinoks Maret.

Matahari dalam gambar ini diciptakan secara artifisial, meskipun wahana luar angkasa GOES memang memiliki sensor yang terus-menerus memantau matahari.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.