Curiosity Abadikan Citra Gunung Sharp di Planet Mars

Info Astronomy — Robot penjelajah Curiosity berhasil mengabadikan Gunung Sharp, gunung yang menjulang setinggi 5 km dari Kawah Gale di Planet Mars. Kawah lokasi pendaratan Curiosity pada 6 Agustus 2012 lalu.

Gambar ini sudah diolah NASA dengan mengganti warna langit menjadi biru yang aslinya merah kecoklatan sehingga menghasilkan foto Gunung Sharp yang mengagumkan.

Citra salah satu gunung tertinggi di planet merah itu dipotret Curiosity menggunakan Mast Camera (MastCam) yang terdapat di kanan Curiosity.

Terlihat dalam foto lereng Gunung Sharp, dipastikan lereng tersebut akan menjadi tujuan akhir misi Curiosity.

Seperti yang kita tahu, Curiosity telah melewatkan waktu di wilayah bernama Yellowknife Bay, tempat ia menemukan bukti bahwa Mars mampu mendukung kehidupan mikroba.

Citra pertama menunjukkan citra kasar hasil jepretan kamera Curiosity. Pada foto ini, langit Mars tampak didominasi warna merah kecoklatan. Foto kedua yang dirilis NASA telah diolah. Warna mengalami penyeimbangan sehingga langit Mars berwarna biru seperti langit Bumi. Penyeimbangan dilakukan agar ilmuwan mampu mengidentifikasi material di permukaan Mars. [e]