Citra Pertama Komet Pan-STARRS di Langit Indonesia


Info Astronomy — Pergerakan Komet Pan-STARRS sudah sampai di langit Indonesia. Citra pertama dari Pan-STARRS berhasil diabadikan dari Indonesia di tengah langit yang mudah berubah dalam musim peralihan dari musim dingin ke musim panas ini.

Foto di atas adalah citra Komet Pan-STARRS yang diabadikan astrofotografer Rukman Nugraha pada Kamis 7 Maret 2013 dengan titik pengamatan di Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia menggunakan kamera Canon 60D dengan lensa yang berpanjang fokus 200 mm, tanpa menggunakan teleskop.

Citra tersebut berhasil diambil saat horizon barat relatif cerah dan saat komet berketinggian cukup rendah.

Dalam citra, komet nampak jelas dengan ekor yang melebar. Ekor ini adalah ekor debu, yakni remah-remah komet yang ditinggalkan sang komet di sepanjang orbitnya. Selain ekor debu ada pula ekor gas (yang tak nampak di citra ini) yang tepat berlawanan arah dengan posisi Matahari.

Upaya pengamatan Komet Pan-STARRS di Indonesia masih terus dilakukan. Unggah hasil potret dari Komet Pan-STARRS Anda ke info.astronomy@gmail.com [Ma'rufin, Rukman]
Citra Pertama Komet Pan-STARRS di Langit Indonesia Citra Pertama Komet Pan-STARRS di Langit Indonesia Reviewed by Kontributor on 3/08/2013 08:29:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.