Cina Bersiap Luncurkan 3 Astronot ke Luar Angkasa



Info Astronomy — Cina akan mengirimkan tiga astronot ke stasiun luar angkasa dalam sebuah misi yang merupakan persiapan untuk membentuk sebuah tempat tinggal permanen di luar angkasa.

Pesawat luar angkasa Shenzhou 10 akan lepas landas antara Juni dan Agustus. Pesawat itu akan mengantarkan ketiga astronot itu ke Tiangong 1 di mana ketiganya akan menghabiskan waktu selama dua pekan melakukan uji coba pada sistem berlabuh, sistem penunjang hidup, serta melakukan sejumlah penelitian.

Dua pesawat luar angkasa milik Cina, salah satunya nirawak, telah mendarat di Tiangong 1 sejak stasiun luar angkasa itu diluncurkan pada September 2011.

Cina selama ini berhati-hati dengan misi luar angkasa mereka. Pasalnya, kecelakaan akan mencoreng salah satu proyek ilmiah paling sukses dan mahal negara itu.

Tiangong 1 akan digantikan pada 2020 dengan sebuah stasiun luar angkasa internasional yang permanen dengan berat sekitar 60 ton, sedikit lebih berat dari stasiun Skylab milik NASA di era 1970-an dan 1/6 kali lebih kecil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Cina ditolak ambil bagian dalam ISS karena PBB keberatan dengan kebijakan politik negara Asia tersebut serta karena program luar angkasa Cina terkait erat dengan militer mereka. [Reuters]
Cina Bersiap Luncurkan 3 Astronot ke Luar Angkasa Cina Bersiap Luncurkan 3 Astronot ke Luar Angkasa Reviewed by Kontributor on 3/12/2013 03:46:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.