Cassini Mengintai Venus dari Orbit Saturnus



Info Astronomy — Pesawat antariksa Cassini milik Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengintai Planet Venus dari orbit Saturnus dan menangkap citra planet kembaran Bumi itu, yang terlihat gemerlap seperti cahaya suar dari kejauhan.

Menurut laman resmi NASA, gambar-gambar khusus Venus dan Saturnus diambil pada 10 November 2012, ketika Cassini berada dalam bayangan Saturnus sehingga bisa melihat ke arah matahari dan Venus.

Satu citra Venus dan Saturnus yang dirilis hari ini adalah kombinasi gambaran merah, hijau, dan biru yang meliputi planet dan cincin utama serta proses untuk menghasilkan warna sejati.

Gambar lainnya, yang diambil bulan Januari, menangkap Venus di luar sayap Saturnus, sangat dekat dengan cincin G Saturnus, cincin tipis di luar cincin utama Saturnus.

Seperti Merkurius, Bumi dan Mars, Venus adalah salah satu planet berbatu dalam tata surya yang orbitnya dekat dengan matahari.

Venus, yang terlihat sangat terang karena diliputi awan asam sulfat tebal, memiliki atmosfer karbon dioksida dengan suhu hampir 500 derajat Celsius dan tekanan permukaan 10 kali lebih besar dibandingkan dengan Bumi.

Tapi Venus dianggap sebagai kembaran Bumi karena punya ukuran, masa, komposisi batuan dan orbit yang hampir sama dengan Bumi. [NASA]
Cassini Mengintai Venus dari Orbit Saturnus Cassini Mengintai Venus dari Orbit Saturnus Reviewed by Kontributor on 3/05/2013 01:11:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.