Astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional Pulang ke Bumi

3 Astronot Berhasil Pulang ke Bumi Tadi Pagi

Info Astronomy — Wahana luar angkasa Soyuz telah meluncur ke Bumi dari Statiun Luar Angkasa Internasional (ISS), membawa seorang astronot Amerika Serikat dan dua kosmonot Rusia pulang ke Bumi setelah lima bulan menjalani misi di ISS.

Pemulangan dilakukan hari ini (16/3), lewat satu hari dari jadwal, karena hujan dan awan tebal di lokasi pendaratan Soyuz di Kazakhstan, Asia Tengah. Kini, astronot NASA Kevin Ford dan kosmonot Rusia Oleg Novitskiy dan Evgeny Tarelkin.

Ketiganya dengan sukses terjun dengan kapsul luar angkasa Soyuz TMA-06M dari ISS pada 06:43 WIB hari ini. Kepulangan mereka menandai berakhirnya misi Ekspedisi 34, dan dimulainya Eksedisi 35.

Mereka telah sampai di Bumi dengan selamat pada hari ini (16/3) pukul 10:11 WIB. Seorang astronot dan dua kosmonot itu telah melewati 142 hari di ISS. Ini adalah pengalaman kedua Ford di luar angkasa, dan pengalaman pertama Novitskiy dan Tarelkin.

Novitskiy, Tarelkin dan Ford mengucapkan salam selamat tinggal kepada astronot Kanada Chris Hadfield, astronot NASA Tom Marshburn dan kosmonot Rusia Roman Romanenko — tiga orang yang tetap berada di ISS.

Misi baru ISS — Ekspedisi 35 — secara resmi dimulai saat wahana luar angkasa Soyuz meluncur dari laboratorium orbit pada 06:43 WIB.