Astronot Melayang di Stasiun Luar Angkasa, Ini Sebabnya

Info Astronomy — Sebelumnya, kami juga menulis tentang 10 fakta menarik di luar angkasa yang dapat Anda baca di sini. Sekarang, mari kita cari tahu seperti apakah luar angkasa itu.

Mungkin bagi kalian yang bercita-cita ingin menjadi astronot sudah tahu jika di luar angkasa tidak ada gravitasi, tapi benarkah demikian?

Di dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kamu dapat melihat astronot melayang. Apakah menurutmu gravitasi menghilang di luar angkasa? Sebenarnya tidak demikian.

Lalu, mengapa astronot itu melayang?

Sebenarnya, gaya gravitasi yang kuat, sekitar 90 persen dari gravitasi di bumi, masih ada di ISS. Namun, para astronot masih terbang melayang. ISS sendiri terlihat melayang-layang di luar angkasa. Sangat aneh! Rahasianya terletak pada gerak ISS. Bagaimana ISS tetap melayang di luar angkasa?

Mari kita mulai memikirkannya. Bayangkanlah tentang bola yang dilempar.

Jika kamu melempar bola di bumi, bola akan melayang sebentar kemudian jatuh kembali ke bumi. Jika kamu melempar bola lebih kencang, bola akan semakin lama berada di angkasa. Jadi jika kamu melempar bola dengan sangat cepat, bola akan berada terus di angkasa. Dapatkah bola terus berada di angkasa dan berputar mengelilingi bumi?

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) terus mengitari bumi dengan kecepatan yang sangat tinggi, seperti bola yang telah kita lihat sebelumnya. Selama ISS masih ditarik oleh gaya gravitasi dan bergerak dengan kecepatan yang sesuai, ISS akan terus mengitari bumi.

Mari kita lihat lebih dekat apa yang terjadi.

ISS terbang mengitari bumi dengan kecepatan sekitar 8 km per detik. Tanpa tarikan dari gaya gravitasi bumi, ISS akan bergerak dari titik A menuju titik B'. Namun, pada saat yang bersamaan gaya gravitasi bumi menarik ISS menuju ke pusat bumi.

Akibatnya, kedua gaya ini akan bekerja bersamaan menggerakkan ISS bergerak ke titik B. Kemudian ISS akan bergerak menuju titik C bukannya titik C', kemudian titik D bukannya menuju D', dan seterusnya. ISS akan terus mengelilingi bumi dalam orbit rendah bumi.

Di dalam ISS, orang-orang dan segala macam benda bergerak dalam arah yang sama dan kecepatan yang sama.Akibatnya, gaya gravitasi tidak dapat dirasakan. Itulah sebabnya para astronot dan segala macam benda melayang-layang di dalam ISS.

Lingkungan tanpa berat ini adalah perbedaan yang paling mencolok antara di bumi dan di ISS.