6 Fakta Menarik dari Komet Pan-STARRS

Info Astronomy — Komet Pan-STARRS sudah sampai di langit untuk belahan Bumi utara dan dapat dilihat dengan mata telanjang... setidaknya untuk saat ini.

Komet sudah sampai di belahan Bumi utara pada hari ini, Minggu (10/3/2013). Ia membuat pendekatan yang paling dekat dengan matahari. Komet Pan-STARRS sudah membuat pendekatan terdekatnya dengan Bumi pada Selasa (5/3/2013) yang lewat pada jarak 164 juta kilometer dari planet kita.

Berikut adalah enam fakta menarik yang perlu diingat ketika Anda mencari komet yang rendah di langit senja akhir pekan ini:

1. Anda tidak akan pernah melihatnya lagi

Komet Pan-STARRS, memiliki orbit elips yang panjang mengelilingi matahari. Sangat panjang. Bola kosmik dari debu dan es memakan waktu lebih dari 100 juta tahun untuk menyelesaikan siklus penuh di sekitar bintang, menurut astronom dengan Observatorium McDonald di University of Texas, Austin.

Komet Pan-STARRS ditemukan pada bulan Juni 2011 oleh sebuah tim astronom menggunakan Panoramic Survey Telescope and Rapid Response System (atau PANSTARRS) teleskop di Hawaii.

2. Komet Pan-STARRS berasal dari tepi tata surya

Pan-STARRS terlempar ke dalam tata surya, ia merupakan bagian dari awan Oort, massa tubuh es yang mengorbit matahari dari hanya di luar orbit Neptunus ke kisaran 100.000 kali jarak antara Bumi dan matahari. Orbit Komet 'nakal' ini kadang-kadang berubah, membawa lebih dekat ke matahari daripada yang pernah sebelumnya.

3. Ini adalah "sungrazing" komet

Ketika komet memasuki tata surya bagian dari awan Oort dan membawanya itu sangat dekat dengan matahari, benda tersebut dikenal sebagai "sungrazer." Pada hari Minggu, Comet Pan-STARRS akan menjadi sekitar 28 juta mil (45 juta km) dari matahari.

Komet memiliki orbit yang tidak teratur Sungrazing, membuat mereka tak terduga. Kadang-kadang, lintasan mereka bahkan dapat membawa komet cukup dekat untuk bertabrakan dengan matahari. Tetapi jika sungrazer yang bertahan sikat dekat dengan bintang, seperti Pan-STARRS memiliki, komet dapat sangat cerah.

4. Komet Pan-STARRS hampir hilang

Sementara astronom awalnya berpikir bahwa Komet Pan-STARRS bisa memesona pengamat langit dengan kecerahannya, komet menunjukkan beberapa tanda-tanda awal bahwa itu tidak akan cerah seperti yang diharapkan di langit utara. Beberapa astronom memperkirakan bahwa besarnya komet - ukuran kecemerlangan - akan memudar, sehingga sulit untuk dilihat setelah melewati khatulistiwa, tapi sekarang para ilmuwan berharap bahwa komet mungkin cerah bahkan lebih ketika melewati dekat dengan matahari pada hari ini, sebelum memudar dengan cepat setelahnya.

5. Komet Pan-STARRS tidak sendirian di langit

Tahun 2013 bisa menjadi tahun komet. Pan-STARRS sudah muncul di langit selatan dengan Komet Lemmon. Sementara Lemmon tidak akan membuat sebuah penampilan di belahan bumi utara tahun ini, beberapa pengamat langit melakukan pemotretan dua komet di langit ketika mereka sebentar bersinar di bagian yang sama dari langit.

Pada bulan November, komet lain diharapkan untuk membuat penampakan yang indah. Komet ISON bisa menjadi komet paling terang beruntun di langit dalam satu generasi jika bertahan pendekatannya dekat dengan matahari.

6. Waktu untuk melihat Komet Pan-STARRS begitu singkat

Meskipun hanya muncul di belahan bumi utara pekan ini, Pan-STARRS akan pergi sebelum Anda tahu itu. Komet bisa dilihat dengan mata telanjang, meskipun masih mungkin sulit untuk menemukannya.

Setelah Pan-STARRS membuat jarak terdekatnya dengan matahari pada hari Minggu (10/3/2013), komet Pan-STARRS akan mulai redup. Pengamat dengan teleskop dan teropong mungkin masih dapat melihatnya sampai awal April, tetapi akan lenyap dari visibilitas mata telanjang sebelum akhir Maret. [riza, SPACE]