10 Fakta Menarik dari Luar Angkasa yang Wajib Diketahui


Info Astronomy — Luar angkasa atau antariksa, merujuk ke bagian yang relatif kosong dari Jagad Raya, di luar atmosfer dari benda "celestial". Istilah luar angkasa digunakan untuk membedakannya dengan ruang udara dan lokasi "terrestrial".

Ada banyak fakta tentang luar angkasa, di sini kita akan melihat sepuluh fakta tentang luar angkasa - yang benar-benar menakjubkan dan yang mengajarkan kita tidak hanya tentang luar angkasa, tapi juga tentang realitas di Bumi.

10. Bulan bergerak menjauh dari Bumi

Setiap tahun, Bulan bergerak 3.8 cm menjauh dari Bumi - yang jika kita pikirkan hal itu sebenarnya merupakan jumlah yang cukup besar. Bayangkan suatu hari nanti Bumi tidak memiliki Bulan.

9. Bumi melambat

Bulan secara perlahan menjauh dari Bumi setiap tahunnya. Akibatnya, Bumi berputar pada 0,002 detik/hari lebih lambat setiap abad. Yang berarti bahwa hari-hari kita semakin bertambah panjang.

8. Kita memiliki beberapa Bulan (semacam)

Bulan adalah satelit - sebongkah batu yang mengorbit Bumi dan mengikuti orbit elips mengelilingi matahari bersama Bumi. Menariknya, ada beberapa asteroid (setidaknya tiga) yang mengikuti pola ini. Yang pertama ditemukan adalah Cruithne (5 km).

7. Alam Semesta semakin meluas

Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa alam semesta mengembang dan bahwa semua elemen dalam ruang bergerak lebih jauh dari satu sama lain sebagai hasilnya (bayangkan titik digambar pada sebuah balon yang ditiup perlahan). Hal ini sering dilihat sebagai bukti bagi "The Big Bang Theory of Creation".

6. Alam Semesta mengeluarkan gelombang-gelombang radio

Sudah menjadi fakta bahwa alam semesta memberikan gelombang radio atau 'gangguan' yang diduga telah disebabkan oleh Big Bang. Hal ini dikenal sebagai "The ‘Afterglow’ of Creation".

5. Kecepatan perluasan semakin cepat

Diasumsikan sampai saat ini bahwa kecepatan di mana alam semesta mengembang akan melambat sebagai gravitasi mulai mengendalikan lagi. Namun menariknya berlawanan pada kenyataannya tampaknya benar -alam semesta masih semakin besar.

4. Bintang-bintang menunjukkan kepada kita sekilas ke masa lalu

Salah satu yang paling menarik tentang 10 fakta luar angkasa adalah bahwa ketika kita melihat bintang-bintang, kita benar-benar melihat 'kembali ke masalalu'. Hal ini karena waktu yang dibutuhkan cahaya untuk mencapai Bumi - bahkan cahaya yang datang dari matahari membutuhkan waktu 30 ribu tahun (8 menit cahaya) untuk mencapai Bumi dari intinya. Bintang-bintang yang kita lihat di malam hari tentu saja lebih jauh lagi dan kadang-kadang jutaan tahun cahaya. Dalam beberapa kasus bintang-bintang sudah lama mati, tetapi kita masih melihat cahaya mereka.

3. Cold Welding (Pengelasan Dingin)

Pengelasan dingin adalah persis seperti apa yang terdengar dan menunjukkan cara yang unik untuk membaur logam dan salah satu yang paling menakjubkan dari 10 fakta atas luar angkasa. Pada dasarnya, harus ada dua benda logam yang saling bersentuhan ketika berada di ruang dingin angkasa, mereka akan segera menjadi satu secara permanen.

2. The Corona

The Corona adalah lingkaran cahaya yang kita lihat di sekitar matahari dalam gerhana. walaupun sebenarnya selalu ada di sana di sekitar 'plasma atmosfer' matahari yang mengembang jutaan kilometer ke ruang angkasa. Apa yang menarik tentang hal itu adalah pada kenyataannya The Corona lebih panas dari matahari lebih dari satu juta derajat atau 106 Kelvin. Tidak ada yang tahu bagaimana cara energi termal dapat ditransfer dan meningkat dari permukaan matahari ke The Corona. ini menjadi sumber panas yang masih belum sepenuhnya dipahami.

1. Tidak ada waktu dalam lubang hitam (Black Hole)

Lubang Hitam tercipta ketika suatu obyek tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Dalam lubang hitam semua materi dari bintang telah dipadatkan menjadi volume nol untuk membuat satu titik kepadatan tak terbatas. Disebut lubang hitam, karena apa pun dalam radius tertentu (the event horizon) membutuhkan kecepatan cahaya untuk melepaskan diri dari black hole. Jadi cahaya tidak akan dapat melarikan diri dan ini membuat cahaya benar-benar tak terlihat dari luar. Pada kenyataannya bahwa titik-titik kepadatan tak terbatas membuat kelengkungan besar dalam struktur 'ruang waktu' - yang berarti bahwa waktu akan berhenti. [DBS]
10 Fakta Menarik dari Luar Angkasa yang Wajib Diketahui 10 Fakta Menarik dari Luar Angkasa yang Wajib Diketahui Reviewed by Kontributor on 3/20/2013 08:29:00 AM Rating: 5

3 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.