Setelah Asteroid dan Meteor, Berikutnya Komet yang Mengunjungi Bumi

Info Astronomy — Setelah Asteroid 2012 DA14 dengan mulusnya memintasi Bumi pada Sabtu 16 Februari 2013 pukul 02.24 WIB, dan sebuah meteor terang yang disebut bolide dalam istilah astronomi meledak di Rusia. Kini saatnya komet yang menghampiri Bumi.

Komet Pan-STARRS, akan memintas paling dekat dengan Bumi pada tanggal 5 Maret 2013 dengan jarak 1.09 AU. Komet akan datang ke perihelion (pendekatan terdekat dengan Matahari) pada tanggal 10 Maret 2013.

Estimasi awal komet yang diperkirakan akan bertambah cerah ke magnitudo 0 (kira-kira kecerahan Alpha Centauri A atau Vega). (Semakin kecil magnitudo semakin cerah).

Perkiraan di Oktober 2012 komet yang diperkirakan bisa bertambah cerah ke magnitudo -4 (kira-kira setara dengan Venus).

Pada Januari 2013 ada perlambatan kecerahan terlihat yang menunjukkan komet hanya dapat mencerahkan terhadap magnitudo +1.

Bagaimana komet akan bereaksi terhadap matahari sulit untuk diprediksi. Karena jarak yang dekat dari matahari, Pan-STARRS sangat aktif, menghasilkan banyak debu dan karena itu memperlihatkan ekor debu yang bagus.

Karena ini adalah kunjungan pertama komet Pan-STARRS, belum pernah diuji oleh panas dan tarikan gravitasi matahari, hampir apa pun bisa terjadi.

Namun, mungkin masih sulit untuk melihat dari sudut pandang di Bumi, karena komet akan sangat dekat dengan matahari. Ini berarti bahwa komet hanya dapat diamati di waktu senja ketika langit tidak sepenuhnya gelap.

Tanggal terbaik untuk melihat mungkin 12-13 Maret, ketika Pan-STARRS muncul di langit sewaktu matahari terbenam, tidak jauh dari Bulan Sabit. Sebuah komet dan Bulan, bersama-sama dibingkai oleh senja biru adalah pemandangan yang langka.

Apa itu komet?

Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong atau parabolis atau hiperbolis.

Kata "komet" berasal dari bahasa Yunani, yang berarti "rambut panjang". Istilah lainnya adalah bintang berekor yang tidak tidak tepat karena komet sama sekali bukan bintang. Orang Jawa menyebutnya sebagai lintang kemukus karena memiliki ekor seperti buah kemukus yang telah dikeringkan.

Komet terbentuk dari es dan debu. Komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari Matahari. Ketika mendekati Matahari, sebagian bahan penyusun komet menguap membentuk kepala gas dan ekor.

Komet juga mengelilingi Matahari, sehingga termasuk dalam sistem tata surya. Komet merupakan gas pijar dengan garis edar yang berbeda-beda. Panjang "ekor" komet dapat mencapai jutaan kilometer.

Beberapa komet menempuh jarak lebih jauh di luar angkasa daripada planet. Beberapa komet membutuhkan ribuan tahun untuk menyelesaikan satu kali mengorbit Matahari. [riza, infoAstronomy.uni.me]